Kini Punya Tipe GR Sport, Begini Penjualan Fortuner Saat Ini

0
1652
Toyota Fortuner 4x2 GR Sport - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Setelah sejak dua tahun lalu mulai menyuguhkan deretan model penyandang titel Gazoo Racing (GR) – yakni Toyota GR Supra dan Toyota Raize GR Sport – dan mendapatkan sambutan posirif konsumen, kini PT Toyota Astra Motor (TAM) mengerojokkan model berlabel GR lagi. Bahkan, jumlahnya mencapai lima model.

Mereka adalah, Toyota Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Yaris GR Sport, Agya GR Sport, dan Veloz GR Limited. “Hari ini kami hadirkan empat produk GR Sport dan satu produk GR Limited sekaligus, agar lebih banyak pelanggan yang dapat merasakan sebuah sensasi berkendara yang menyenangkan bersama produk-produk Toyota Gazoo Racing,” kata President Director PT TAM, Susumu Matsuda, dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (9/8/2021).

Menurut Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, selain mendapatkan tampilan yang beraura sporty, model-model berlabel GR Sport itu juga mendapatkan imbuhan fitur baru. Salah satunya, fitur untuk Toyota Fortuner Fortuner GR Sport.

“SUV ini tidak hanya bermodalkan tampilan dan desain yang lebih sporty namun juga dibekali dengan sebuah fitur baru. SUV tangguh seven-seater yang dapat diandalkan di segala medan ini kini dilengkapi dengan fitur New Adaptable Auto A/C with Dual Zone,” kata Henry.

Ilustrasi, logo GR di mobil Toyota – dok.Netcarshow.com

Berdasarkan data yang dirilis PT TAM, Toyota Fortuner GR Sport menggunakan basis Fortuner 2.4 VRZ 4×2 transmisi otomatis dan Fortuner 2.7 SRZ 4×2 transmisi otomatiis. Untuk harganya, Fortuner 2.4 VRZ 4×2 A/T GR Sport dibanderol Rp 544, 2 juta.

Sedangkan Fortuner 2.7 SRZ 4×2 A/T GR Sport Rp 605, 2 juta. “Artinya, penyesuaian harga sekitar Rp 1 jutaan dari sebelumnya (versi reguler) karena ada penambahan fitur di semua Fortuner GR Sport,” bunyi keterangan TAM yang diterima Mobilitas di Jakarta, Senin (9/8/2021).

Toyota Fortuner 2021 – dok.Istimewa

Amunisi baru
Kehadiran, tentu akan menjadi amnunisi baru untuk menggenjot penjualan. Sekadar catatan, di semester pertama tahun ini atau di rentang Januari hingga Juni penjualan Fortuner ke konsumen (ritel) meningkat 1.121 unit dibanding periode sama tahun lalu. Jika di Januari – Juni 2020 penjualan ritel masih sebanyak 5.805 unit, di tahun ini mencapai 7.926 unit.

“Peningkatan penjualan juga tidak lepas dari adanya insentif diskon PPnBM sebesar 50% bagi Fortuner yang berlaku April sampai akhir Agustus nanti. Selain itu, tentu karena faktor performa, desain, dan fitur,” ujar Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy saat dihubungi Mobilitas di Jakarta, Senin (9/8/2021).

Interior Toyota Fortuner – dok.Kompas.com

Data yang dihimpun Mobilitas dari laporan penjualan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, selama enam bulan pertama tahun ini, total penjualan ritel sebanyak 7.926 berasal dari penjualan varian berpenggerak 4×2 sebanyak 7.608 unit dan varian 4×4 sebanyak 318 unit.

Jumlah penjualan varian 4×2 dibukukan dari penjualan pada Januari 976 unit, Februari 1.540 unit, Maret 1.084 unit, April 1.320 unit, Mei 689 unit, dan Juni 1.999 unit. Sedangkan jumlah 318 unit varian 4×4 berasal dari penjualan di Januari 51 unit, Februari 64 unit, Maret 45 unit, April 77 unit, Mei 39 unit, dan Juni 42 unit. (Vit/Aa)