Kolaborasi Aprilia Racing dengan SC-Project Berlanjut

0
1012
Ilustrasi, pembalap Aprilia Racing di laga balap MotoGP - dok.Istimewa

Milan, Mobilitas – Kolaborasi antara Aprilia Racing dan SC-Project yang berlangsung sejak tahun 2021 disepakati berlanjut hingga dua musim ke depan (atau hingga tahun 2024). SC-Project akan bertindak sebagai Official Technical Supplier bagi Aprilia Racing Team.

“Proyek yang solid dan ambisius seperti kami membutuhkan mitra dengan visi yang sama. Proyek dengan SC-Project adalah hubungan yang terjadi secara alami. Dua perusahaan besar Italia, pemimpin teknologi di segmen masing-masing, dengan DNA sporty dan inovatif,” ungkap Chief Executive Officer (CEO) Aprilia Racing, Massimo Rivola, dalam keterangan resmi yang diterima Mobilitas, di Jakarta, Senin (25/7/2022).

SC-Project merupakan perusahaan terkemuka dalam studi, desain, dan produksi sistem knalpot untuk kendaraan roda dua, baik untuk kebutuhan balap maupun untuk penggunaan sehari-hari di jalanan. Knalpot yang diadopsi oleh evolusi terbaru RS-GP.

Knalpot tersebut merupakan tipe 4-into-2, yang terbuat dari material titanium dan dibuat di Italia. Teknologi ini juga mencakup katup throttle untuk mengatur pengiriman semburan tenaga yang dihasilkan mesin V4, yang mencapai 270 h lebih.

Knalpot buatan SC-Project itu akan melengkapi performa semua motor balap Aprilia. Mulai dari 250 Sport Production hingga 660 Trofeo, serta seri khusus yang dibuat oleh departemen balap.

“Sistem pembuangan adalah elemen kunci dari mesin V4 baru kami, yang terbukti menjadi salah satu yang paling kompetitif di MotoGP. Hal ini juga berkat sinergi teknis dengan SC-Project, perusahaan dinamis dan kompeten yang telah menjalin hubungan baik dan saling menguntungkan dengan kami,” kata Direktur Teknis Aprilia Racing, Romano Albesiano.

Knalpot buatan SC-Project – dok.Istimewa

Menurut Romano, dalam kejuaraan, detail-detail aspek teknis mampu membuat perbedaan nyata bagi performa kendaraan. Oleh karena itu, lanjut dia, sangat penting untuk dapat mengandalkan pemasok yang memiliki teknologi dan keahlian yang mumpuni.

“Terutama untuk berkontribusi pada pengembangan proyek RS-GP kami,” ucap dia.
Pendiri dan Pemilik SC-Project, Stefano Lavazza & Marco De Rossi mengatakan, perusahaannya terlibat dalam kejuaraan MotoGP sejak tahun 2009. “Dan bagi kami untuk masuk ke dalam kolaborasi teknis yang kuat dengan Aprilia Racing membawa nilai teknis dan profesional yang sangat besar,” papar dia.

Stefano menegaskan, kolaborasi itu tidak hanya untuk 54 gelar dunia yang dimenangkan oleh pabrikan yang berbasis di Noale itu. “Tetapi, juga untuk keunggulan Italia dalam dunia kendaraan roda dua yang diwakili Aprilia,” tandas dia.

Sekadar informasi, SC-Project adalah perusahaan yang berbasis di kawasan Cassinetta, Lugagnano di Kota Milan, Italia. (Din/Aa)