Kolaborasi Piaggio dengan Autolive Bikin Airbag untuk Motor

0
1185
Ilustrasi, skuter berpda tiga buatan Piaggio - dok.Istimewa

Stockholm, Mobilitas – Pabrikan sepeda motor asal Italia yang kondang dengan produk skuter – Piaggio Group – Kamis (4/11/2021) lalu telah meneken kerjasama dengan produsen perlengkapan keselamatan berkendara asal Swedia, Autoliv. Mereka bersepakat untuk memproduksi kantung udara (airbag) yang akan disematkan pada sepeda motor untuk melindungi pengendara dari risiko fatal jika terjadi kecelakaan.

Pernyataan resmi Autolive yang dilansir RideApart, Jumat (5/11/2021) menyebut airbag itu akan dipasang pada bagian sepeda motor. Hanya, tidak disebutkan model sepeda motor apa saja buatan Piaggio Group yang bakal mendapatkan peranti tersebut.

“Airbag ini memiliki keunggulan sebagai pelindung pengendara sepeda motor ketika kendaraan mereka mengalami kecelakaan. Din akan mengembang dalam hitungan milidetik begitu terjadi benturan keras,” sebut Autolive yang dilansir laman Motobike Daily.

Ilustrasi, salah satu model motor merek Moto Guzzi – dok.Istimewa

Piaggio Group saat ini memayungi sejumlah merek yakni Piaggio, Vespa, Aprilia, dan Moto Guzzi. Bisa saja, sebagian produk dari merek-merek itu yang bakal mendapatkan airbag tersebut.

“Autoliv berkomitmen pada visi untuk menyelamatkan lebih banyak nyawa dan menyediakan solusi penyelamatan jiwa kelas dunia untuk sarana mobilitas dan masyarakat. Oleh karena itu, kami mengembangkan produk yang secara khusus melindungi pengguna jalan yang rentan yaitu para pengendara sepeda motor,” tutur Presiden & CEO Autliv, Mikael Bratt.

Target Autolive, lanjut Bratt, adalah menyelematkan hingga 100.000 jiwa pada tahun 2030 nanti. Oleyh karena itu, proyek pengembangan ini akan secara intensif untuk dialkukan, sehingga proses produksi dan pemasangan ke sepeda motor yang didesain untuk mendapatkannya segera dilakukan.

Motor sport Aprilia, salah satu merek di bawah payung grup Piaggio – dok.Total Motorcycle

Proyek pengembangan perangkat penunjang keamanan pengendara sepeda motor ini bukanlah kali pertama bagi Autolive. Ini. Pada bulan September lalu, perusahaan ini telah mengajukan paten terkait keselamatan sepeda motor lainnya yakni satu set setang yang bisa terlepas.

Dengan setang seperti itu, maka keselamatan pengendara juga akan terlindungi jika terjadi risiko kecelakaan. Setang yang terlepas tidak akan menciderai bagian tubuh pengendara sepeda motor – seperti dada atau bagian perut – begitu mereka terjatuh. (Jrr/Aa)