Lagi, Pesaing Baru Wuling Hongguang MINI EV Muncul di Cina

0
1132
Mobil listrik BAW S3 - dok.Car News China

Beijing, Mobilitas – Kesuksesan mobil listrik mungil Wuling Hongguang MINI EV di pasar mobil Republik Rakyat Cina (Cina) dan bahkan akan dijual di Indonesia dan negara lainnya, telah membuat pabrikan-pabrikan lain di Cina “ngiler”. Setelah Cherry Automobile (yang telah memproduksi mobil listrik Chery Ice Cream), kini pabrikan lain – yakni BAW – akan meluncurkan mobil listrik sekelas dengan mobil setrum Wuling itu.

Seperti dilaporkan laman Car News China dan Ifang, Rabu (19/1/2022), BAW – yang sebelumnya merupakan Beijing Auto Works dan merupakan anak perusahaan dari Beijing Auto Industry Corporation (BAIC), lalu berpisah – akan meluncurkan mobil itu di kuartal pertama 2022 ini. Ada dua varian model yang disajikan BAW, yakni BAW S3 (yakni mobil mungil 3 pintu) dan BAW S5 (mobil mungil lima pintu).

“BAW S3 sangat mirip dengan Wuling Hongguang MINI EV dalam konsep dan ukuran. Dia memiliki dimensi pajang 3.151 milimeter (mm), lebar 1.498 mm, dan tinggi 1.585 mm, dengan jarak sumbu roda 2.050 mm,” tulis laman Ifang.

Mobil listrik BAW S5 – dok.CarNewsChina

Dari sejumlah foto yang beredar di ranah maya terlihat, mobil ini menggunakan ‘gril’ sarang lebah, lampu depan besar, dan cat two-tone yang trendi. Bagian bodinya dilabur cat merah muda yang samar-samar, cat seperti itu sangat populer di Cina saat ini.

Sumber dayanya berupa motor listrik bertenaga 27 hp, sama persis dengan besaran tenaga Wuling maupun Chery QQ Ice Cream dan torsinya 85 Nm. Dengan semburan tenaga sebesar itu, mobil ini mampu melaju hingga kecepatan 100 km/jam.

“Untuk daya jangkaunya ada tiga varian yakni berjangkauan 120 kilometer (km), jangkauan 170 km, dan 200 km, tergantung paket baterai yang digunakan,” sebut pabrikan itu.

Interior bagian depan BAW S3 – dok.CarNewsChina

Sementara BAW S5 yang merupakan model lima pintu memiliki dimensi ukuran panjang, lebar, dan tinggi 3.498 mm, lebar 1.498 mm, dan tinggi 1.580 mm. Varian model ini memiliki desain yang khas, terutama di bagian depan, dengan lampu depan terpisah dan spoiler depan yang terkesan agresif.

S5 menggunakan motor yang sama dengan S3 dan bahkan ada lebih banyak pilihan untuk paket baterai, sehingga membuatnya memiliki jangkauan 120 km, 150 km, 200 km, serta 300 km. Tampilan interiornya lebih mewah dengan peranti hiburan berlayar sentuh ukuran 10,25 inci.

Meski belum disebutkan secara gamblang, namun BAW menyatakan S3 akan dibanderol yang mendekati harga pesaing. Sedangkan BAW S5 akan lebih mahal 10% dibanding BAW S3.

Wuling Honmgguang Mini EV di Cina – dok.Istimewa

Sekadar informasi, data China Automobile Dealers Association (CADA) menyebut sepanjang tahun 2021 kemarin, Wuling Hongguang MINI EV tercatat sebagai mobil listrik di urutan pertama dalam daftar 10 mobil setrum terlaris di Cina. Mobil ini laku hingga 395.451 unit.

Wuling Hongguang MINI EV sekaligus mengalahkan BYD Qin EV dan Tesla Model 3 dalam penjualan sepanjang tahun tersebut. Karena masing-masing pesaing mobil setrum Wuling itu hanya laku sebanyak 187.227 unit dan 150.890 unit. (Vto/Aa)