Lambretta Luncurkan Skuter G350 Special, Harganya Wow

0
1246
Lambretta G350 Special warna hitam sutdio - dok.Istimewa

Milan, Mobilitas – Pabrikan skuter asal Milan, Italia – Lambretta – meluncurkan dua model anyar yakni Lambretta G350 Special dan Lambretta X300 di hajatan Milan Design Week 2022, Juni ini. Kebetulan, hajatan itu berbarengan dengan pameran “Heritage to the Future” yang digelar di Museum Lambretta.

Laman RideApart, belum lama ini melaporkan, Lambretta G350 dibangun berdasar konsep G-Special yang sebelumnya diperkenalkan ke publik dunia di hajatan EICMA, November 2019 lalu. “Gaya desain model spesial ini masih mengusung gaya desain Lambretta yang klasik,” sebut media itu.

Namun, Lambretta kini menambhkan elemen-elemen modern pada G350 Special, sehingga model spesial ini berlabel skuter neo-retro. Elemen itu antara lain layar TFT, lampu LED, rem cakram, serta peranti Antilock Braking System (ABS).

“Lambretta G350 Special dibangun diatas rangka baja monocoque, dan panel bodi samping yang dapat diganti-ganti sesuai selera,” sebut Lambretta.

Lambretta X300 berkelir abu-abu – dok.Istimewa

Sementara, mesinnya tetap mengusung mesin bensin satu silinder 350 cc yang menghasilkan tenaga hingga 25,8 hp. Skuter berpelek 12 inci itu di Eropa dibanderol 7.200 euro atau sekitar Rp 111,3 juta (kurs 1 euro = Rp 15.459,82).

Sedangkan Lambretta X300 merupakan model yang sama sekali baru. Bermesin bensin satu silinder 300cc, model ini juga dilengkapi lampu depan LED, kunci fob elektronik, dan ABS sebagai standar.

Desainnya dibuat untuk menarik konsumen yang usianya lebih muda, dengan tampilan sudut yang lebih modern, dengan pelindung kaki dan bagian bodi samping terbuat dari baja. Lambretta membanderolnya 5.900 euro atau sekitar Rp 91,22 juta.

Lambretta adalah merek dengan jangkauan pemasaran global. Catatan Mobilitas menunjukkan, merek ini sempat tenar di Indonesia di era 1950-an, bahkan sempat digunakan untuk angkutan lingkungan Helicak dan Super Helicak.

Ilustrasi, Lambretta V200 Special – dok.Bikesales

Namun, Lambretta mengakhiri produksinya di Tanah Air seiring dengan pasar yang redup akibat kondisi ekonomi pada tahun 1971. Setelah 48 tahun tak ada kabar beritanya, pada April 2019 Lambretta kembali hadir di Indonesia melalui hajatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.

Pada 27 November tahun itu pula, dealer pertama :Lambretta diresmikan di kawasan Ampera, Jakarta Selatan. Sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Lambretta adalah PT Skuter Motor Indonesia. (Swe/Aa)