Land Cruiser Anyar Resmi Dijual, Mulai Rp 600 Jutaan

0
1949
Toyota New Land Cruise varian GR Sport - dok.Istimewa

Tokyo, Mobilitas – Setelah menjalani perkenalan ke pasar global (world premiere) pada 10 Juni lalu, akhirnya Toyota New Land Cruiser meluncur secara resmi di Jepang, Senin (2/8/2021). Ada tiga varian yang ditawarkan yakni varian biasa bermesin bensin, varian biasa bermesin diesel, serta varian GR Sport (baik bensin maupun diesel).

Varian bermesin bensin dibanderol 5,1 juta yen – 7,3 juta yen dan khusus varian GR Sport 7,7 juta yen. Sedangkan varian bermesin diesel tipe ZX dihargai 7,6 juta yen dan varian GR Sport 8 juta yen.

Artinya banderol termurah Land Cruiser paling baru ini Rp 671,31 juta. Sedangkan tipe tertinggi yakni varian diesel GR Sport yakni Rp 1,05 miliar (kurs 1 yen = Rp 131, 63).

Keterangan resmi Toyota yang dilansir Global.Toyota, Senin (2/8/2021), menyebut New Land Cruiser 300 Series ini merupakan model dengan ubahan desain menyeluruh dari Seri 200. Model Seri 200 itu diluncurkan pada tahun 2007 lalu.

Platform baru TNGA yang digunakan Toyota New Land Cruiser – dok.Istimewa

Land Cruiser anyar ini menggunakan struktur rangka yang sama dengan versi-versi sebelumnya (yakni rangka model ladder frame). Namun, dengan sentuhan teknologi baruyang diemas dalam platform Global Architecture (GA) – F baru, atau Toyota Global New Architecture (TNGA).

“Identitas kendaraan juga telah dibentuk kembali dengan menggabungkan teknologi mutakhir dengan teknologi yang terakumulasi selama bertahun-tahun,” bunyi pernyataan Toyota.

Dengan teknologi pengelasan terbaru,  bobot rangka itu berkurang 200 kilogram. Meski begitu, lebih kuat dan lebih kaku  20% ketimbang rangka Seri 200. Sehingga, aspek keselamatan meningkat ketika terjadi tabrakan, selain itu juga menjadikan mobil lebih senyap dan menyenangkan ketika dikendarai.

Mesin bensin Toyota New Land Cruiser – dok.Istimewa

Bodinya menggabungkan peningkatan jumlah pelat baja kualitas tinggi dengan lembaran alumunium. Bahan ini juga digunakan untuk atap, dan panel pintu.

Sedangkan powetrain telah dipindahkan 70 milimeter (mm) ke belakang dan 28 mm ke bawah. Walhasil, pusat gravitasi yang lebih rendah dan distribusi bobot depan-belakang sangat proporsional.

Formasi ini menjadikan posisi mengemudi yang lebih nyaman. Mobil lebih lincah dan stabil, seperti keinginan pengemudi.

Terlebih, Toyota memberinya fitur Electronic-Kinetic Dynamic Suspension System (E-KDSS) Toyota, yakni suspensi yang dikontrol secara elektronik. Suspensi itu akan secara otomatis dan independen menyesuaikan stabilisator depan dan belakang yang bereaksi terhadap kondisi individual setiap roda. Sehingga, berkendara di lintasan sulit pun tetap aman dan nyaman.

Toyota New Land Cruiser 300 menggunakan suspensi khusus KDSS – dok.Toyota

Toyota New Land Cruiser ini ditawarkan dalam tipe standar, ZX, GR Sport, dan VX. Tipe ini dikemas dalam varian bermesin bensin dan mesin diesel. Varian mesin pertama adalah mesin bensin 3.5 liter V6 twin-turbo dengan semburan tenaga 415 PS.

Varian kedua adalah mesin diesel V6 twin-turbo 3,3 liter yang diklaim memiliki berbagai pengoptimalan mulai dari ruang bakar piston, port intake, dan injektor. Jantung mekanis ini diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 309 PS dengan torsi maksimum 700 Nm. (Din/Aa)