Langkah Mudah Cek Radiator Motor Bermasalah

0
1021
Radiator sepeda motor sport - dok.Mobilitas

Tangerang, Mobilitas – Radiator merupakan salah satu komponen penting di sepeda motor karena fungsinya menunjang sistem kerja mesin.

Seperti diungkap pimpinan bengkel Halima Satu Motor, Akhmad Mustolih, radiator berfungsi menjaga stabilitas temperatur mesin agar tak terlampau panas.

“Karena kalau temperatur tidak stabil atau melebihi standar alias overheat, maka komponen-komponen di dalam mobil terganggu dan mesin pun rusak. Fungsi radiator melepas hawa panas dari hasil proses kerja komponen di mesin saat terjadi pembakaran bahan bakar,” kata dia saat ditemui Mobilitas di bengkelnya yang berlokasi di Batu Ceper, Tangerang, Sabtu (30/7/2022).

Mengingat pentingnya radiator bagi kondisi keprimaan mesin dan kendaraan itu, maka menjaga kondisi sekaligus merawatnya adalah sebuah keharusan. Cara untuk mengeceknya pun mudah.

“Selain memantau kondisi cairan coolant, kalau sistem pendinginan di mesin motor itu menggunakan cairan. Selain itu rutin mengecek bagian-bagian yang rawan rusak atau bermasalah,” saran Mustolih.

Radiator skuter matik – dok.Mobilitas

Sistem pendinginan dengan cairan adalah sistem yang terdiri dari radiator, sirip radiator, tabung radiator, coolant, selang, kipas, thermostat, dan water pump.

Oleh karena itu, agar radiator tetap prima dan tidak bermasalah Mustolih menyarankan agar mengecek komponen-komponen itu. Cek apakah tutup radiator masih baik dan tidak lemah.

Lalu, pastikan thermostat berfungsi dengan baik. Caranya, memastikan shuhunya tidak cepat terlalu panas. Pastikan pula, sirip tidak ada yang cacat karena terkena lemparan kerikil batu atau benda tajam lainnya.

“Pastikan juga tidak ada selang yang bocor, dan waterpump tidak bermasalah. Waterpump yang bermasalah terlihat saat mesin motor dinyalakan setelah tidak lama dinyalakan. Suara mesin terdengar kasar,” tandas Mustolih. (Jrr/Aa)