Lexus NX Anyar Hadir dengan Ubahan Evolusioner

0
467
Teaser foto bagian belakang Lexus NX 2022 - dok.Lexus

California, Mobilitas – Merek mewah milik Toyota, Lexus, tanggal 12 Juni nanti meluncurkan versi terbaru dari SUV kompak Lexus NX. Generasi kedua SUV yang pertama kali diperkenalkan di hajatan Beijing Motor Show 20 April 2014 (dan diluncurkan Agustus 2020) ini mendapatkan ubahan di eksterior maupun interior.

Berbagai media otomotif dunia yang mengutip keterangan dan foto teaser (foto penggoda) yang diberikan Lexus menyebut, ubahan gaya desain eksterior SUV – yang struktur dan jarak sumbu rodanya – mengadopsi milik Toyota RAV4 itu bersifat evolusioner. Sedangkan di bagian interior lebih drastis.

Foto teaser itu menperlihatkan setengah dari tampilan bagian belakang mobil tersebut dengan latar belakang Gunung Fuji. Dari foto itu terlihat, Lexus NX versi terbaru itu menggunakan lampu berupa bilah LED yang membentang dari sisi kiri ke kanan pada pintu belakang.

Menariknya, persis di bawah lampu itu – di bagian tengah dari pintu belakang tersebut – terdapat tulisan LEXUS. Tulisan dengan bentuk huruf atau font baru itu dipasang untuk menggantikan logo “L” atau Lexus yang di model sebelumnya terpampang di bagian yang sama.

Tampilan depan Lexus NX terbaru – dok.Istimewa

Pada awal tahun ini – yakni di pengujung Januari hingga awal Februari – media otomotif dunia juga dikejutkan beredarnya tayangan video promosi Lexus NX versi paling gres itu. Meski tak lama kemudian video tersebut menghilang.

Kendati begitu, sejumlah media berhasil menagkap gambar-gambar yang ditayangkan. Dari situ terlihat Lexus NX model tahun 2022 ini mendapatkan lampu depan LED yang lebih ramping dibanding lampu model sebelumnya.

Lexus juga merevisi kisi-kisi grill spindel SUV lima pintu tersebut. Begitu pun dengan bumper depan, sehingga tampak lebih agresif, dan pelek yang digunakan juga mengusung gaya desain baru.

Lexus NX model 2022 saat dites jalan – dok.Car and Driver

Perubahan yang terjadi bagian eksterior ini bersifat evolutif alias kalem, namun secara umum menjadikan NX terbaru terlihat lebih segar. Kexus terkesan “hati-hati” sehingga masih tetap ingin mempertahankan karakter desain generasi pertama, dan ubahan pun bersifat evolusioner.

Ubahan interior
Sejumlah media juga berhasil menangkap gambar bagian interior, yang memperlihatkan perubahan cukup radikal. Jika sebelumnya menggunakan touchpad, kini sistem infotainment layar sentuh berukuran besar, dan tampilan panel instrumen direvisi.

Untuk jantung pacu, Lexus diperkirakan menyuguhkannya dalam tiga pilihan di Lexus NX ini. Pertama, mesin 2.5 liter empat silinder segaris. Kedua, mesin V-6 berkubikasi 3.5-liter.

Varian ketiga adalah varian berteknologi hybrid yakni memadukan mesin konvensional 2.5 liter dengan motor listrik. Ada dugaan powertrain tersebut merupakan teknologi plug-in hybrid bertenaga 302 hp yang juga digunakan Toyota RAV4 Prime.

Interior bagian depan Lexus NX 2022 yang terlihat di tayangan video yang bocor awal tahun 2021 – dok.CarAdvice

Jika Lexus di Amerika Serikat ngebet untuk segera menghadirkan generasi anyar Lexus NX ini sangat beralasan. Pasalnya, penjualan SUV ini di Negeri Paman Sam itu, sejak tahun 2018 terus merosot.

Data yang dikompuilasi Asosiasi Diler Mobil Amerika Utara seperti dikutip laman Good Car Bad Car menunjukkan, sepanjang tahun 2018 mobil ini masih laku sebanyak 62.079 unit. Tetapi di tahun berikutnya ambles menjadi 58.715 unit.

Bahkan di tahun 2020 ambles lebih dalam menjadi 55.784 unit. Sedangkan di tahun ini dari Januari hingga Aoril masih laku sebanyak 19.866 unit. (Swe/Aa)