Lifan KPT 400, Mirip Harley Pan America Dibanderol Rp 66 Juta

0
1373
Lifan KPT400 - dok.Istimewa

Shenzen, Mobilitas – Nama besar motor adventure buatan Harley-Davidson yakni Harley-Davidson yang menghentak pasar dunia sejak akhir Februari 2021 (di Amerika Serikat) telah membuat banyak orang di berbagai belahan dunia kesengsem. Nama besar merek, gaya tampilan, plus teknologi serta fitur yang disandangnya telah membuat H-D Pan America ini menjadi motor impian.

Kesohoran ini sepertinya juga telah menginsipirasi pabrikan sepeda motor asal Chongqing, Republik Rakyat Cina (Cina) – Lifan Motorcycles- untuk membuat produk yang serupa (meski ada sejumlah perbedaan) dengan motor besutan Harley-Davidson itu. Meski, mesin yang disandangnya bukanlah mesin 1.250 cc seperti Pan America, tetapi hanya 400 cc.

Namanya, Lifan KPT 400. Secara sekilas, gaya desainnya mirip-mirip dengan motor asal Negeri Paman Sam tersebut. Lifan yang berdiri sejak tahun 1992 ini, membanderolnya 29.980 ytuan atau sekitar Rp 66,24 juta (kurs 1 yuan = Rp 2.209, 38).

Tampilan depan Lifan KPT 400 – dok.Istimewa

Unsur-unsur dari Pan America – yang diduga – disalin oleh Lifan Motorcycles antara lain bodywork berbentuk kotak, tampilan top-heavy, serta lampu depan LED dan DRL. Kesamaan lainnya terlihat dari undercowl, dan lainnya.

Seperti halnya H-D Pan America, motor buatan Lifan ini juga menggunakan tameng angin alias windshield. Sama halnya dengan Pan America, tameng di Lifan KPT 400 ini juga bisa disetel ketinggiannya sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pengendara.

Hanya, soal mesin memang jauh berbeda. Lifan KPT 400 hanya mengusung mesin 400cc paralel-twin yang menyemburkan tenaga hingga 42,2 hp pada 9.500 rpm dengan torsi 35Nm pada 7.500 rpm. Penyaluran tenaga ke roda menggunakan girboks enam tingkat percepatan.

Harley-Davidson Pan America 1250 – dok.Istimewa

Motor ini juga dilengkapi beberapa fitur canggih, salah satu di antaranya panel instrumen TFT dengan konektivitas smartphone Bluetooth. Fitur ini menampilkan navigasi di speedometer, notifikasi panggilan, SMS, dan email, peringatan jika tekanan angin ban berkurang, informasi kondisi ketersediaan bahan bakar, informasi kondisi daya aki, hingga notifikasi sistem pengereman ABS.

Motor berbobot 211 kilogram ini menggunakan peranti pengereman dua piringan cakram pada roda depan dan kaliper tunggal pada roda depan. Dia dilengkapi peranti suspensi berupa garpu upside down yang bisa disetel sepenuhnya untuk roda depan dan monoshock preload yang juga bisa disetel untuk roda belakang.

Harley-Davidson Pan America 1250 diluncurkan di Vietnam pada Mei 2021 – dok.Motosaigon

Seperti dilaporkan laman News Byte dan Sino Auto, belum lama ini, belum lama ini Lifan Motorcycles telah meluncurkan motor tersebut di hajatan Shenzhen Moto Expo 2021. Rencananya, penjualan dimulai awal tahun 2022. (Vto/Aa)