Lima Merek Mobil Asia Paling Laku di Jerman, Hyundai Nomor Satu

0
1750
Hyundai Kona listrik - dok.EV Database

Munich, Mobilitas – Jerman yang merupakan negara dengan ekonomi terbesar di Eropa, dan memiliki Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar keempat dunia hingga kini dikenal sebagai negara dengan industri mobil berteknologi tinggi. Meski begitu, konsumen negara berjuluk Negeri Panzer itu tak alergi terhadap mobil-mobil buatan produsen luar negeri, khususnya dari Asia.

Data yang dilansir Badan Federal Transportasi Kendaraan Bermotor Jerman (Kraftfahrt-Bundesamt atau KBA) belum lama ini menunjukkan, di daftar 20 merek mobil terlaris sepanjang Januari hingga September lalu terdapat sejumlah mereka asal Asia. Merek berasal dari Jepang dan Korea.

Meski, penjualan mobil di sembilan pertama tahun ini masih – khususnya di daftar lima besar – masih dikuasai oleh merek lokal. Kelimanya adalah, Volkswagen (VW) yang berhasil menjual mobil buatannya sebanyak 393.519 unit.

Mobil listrik BMW iX di Jerman – dok.Electrive.com

Kemudian Bayerische Motoren Werke (BMW) dengan penjualan 171.449 unit, Mercedes-Benz 165.781 unit, Audi 148.239 unit, dan Opel yang berhasil melego mobil sebanyak 121.817 unit. “Penjualan VW mendominasi karena merek ini menawarkan beragam varian model untuk berbagai segmen kelas. Sedangkan BMW dan Mercedes, terbanyak menyuguhkan mobil kelas menengah ke atas,” bunyi keterangan KBA.

Sementara, merek asal Asia yang terbanyak alias paling laris dibeli konsumen Jerman adalah Hyundai dengan total penjualan sebanyak 79.773 unit. Salah satu mobil buatan Hyundai yang kini menjadi incaran masyarakat negara berpenduduk 83.129.285 jiwa (menurut Biro Sensus Amerika Serikat dan Worldomoeters tahun 2021) itu adalah mobil listrik Hyundai Kona.

Hyundai Kona listrik – dok.Nikkei Asia

Di periode Januari hingga September tahun ini, SUV listrik Hyundai itu laku sebanyak 23.445 unit. Jumlah itu naik 27,9% dibanding periode sama tahun 2020.

Merek asal Asia yang terlaris kedua di Jerman adalah, Toyota. Merek dari Jepang ini mengantongi angka penjualan sebanyak 55.784 unit.

Urutan ketiga terlaris di daftar merek Asia paling laku ditempati saudara Hyundai, yakni Kia. Mereka asal Korea Selatan ini mengoleksi angka penjualan sebanyak 49.484 unit.

Toyota Corolla hybrid di Jerman – dok.Toyota

Terlaris keempat adalah, Mazda dengan total penjualan 30.867 unit. Sedangkan yang kelima, Suzuki yang berhasil meraup angka penjualan sebanyak 19.987 unit. (Vto/Aa)