Lima Merek Penguasa Pasar Mobil Indonesia Saat Ini

0
1213
Ilustrasi, Mitsubishi New Xpander Cross - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih (atau secara umum disebut dengan mobil) di Indonesia sepanjang Januari hingga April tahun ini, baik dari pabrik ke dealer (wholesales) maupun dari dealer ke konsumen (ritel) tercatat naik. Meski di bulan April ada merek yang penjualannya tidak naik atau turun, dan ada yang ambles alias turun.

Data penjualan di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dinukil Mobilitas, Rabu (25/5/2022) menunjukkan, selama empat bulan pertama tahun ini total wholesales yang dibukukan oleh pabrikan mobil di Tanah Air mencapai 346.849 unit. Jumlah ini menanjak 30,4 persen dibanding periode sama tahun lalu.

Pada saat yang sama, penjualan ritel yang berhasil dikantongi pabrikan mencapai 320.370 unit. Total jumlah ini naik 24,2 persen dibanding penjualan ritel yang berhasil dibukukan selama empat bulan pertama 2021.

Suzuki XL7 – dok.Istimewa

Penjualan terbanyak masih dibukukan oleh lima merek besar yang semuanya berasal dari Jepang. Di daftar wholesales, Toyota membukukan penjualan sebanyak 108.995 unit dengan pangsa pasar 31,4 persen.

Kemudian Daihatsu yang mengantongi angka penjualan sebanyak 66.420 unit (19,1 persen). Lalu, urutan ketiga ditempati Mitsubishi yang menjual sebanyak 45.954 unit (13,2 persen.

Honda bercokol di posisi keempat setelah berhasil membukukan wholesales sebanyak 45.466 unit (dengan pangsa pasar 13,1 persen). Kemudian Suzuki bertengger di urutan kelima setelah melego mobil ke dealer sebanyak 28.171 unit ( 8,1 persen).

Daihatsu Sigra – dok.Mobilitas.id

Toyota juga menduduki urutan pertama di daftar penjualan ritel. Salah seorang pengurus Gaikindo, saat dihubungi Mobilitas, di Jakarta, Rabu (25/5/2022) menyebut dilihat dari jumlah varian model, Toyota di Indonesia memang memiliki jumlah yang terbanyak.

Sementara, sebuah model juga memiliki varian tipe yang lebih dari satu. Tak hanya itu, Toyota juga mempunyai jumlah dealer juga paling banyak.

“Karena varian modelnya banyak ya tentu penjualannya yang terbanyak, apalagi channel penjualan (dealer) juga yang terbanyak,” ungkap dia.

All New Honda BR-V yang dipanerkan di sebuah mall – dok.Mobilitas

Berikut lima besar merek dengan penjualan ritel terbanyak sepanjang Januari hingga April 2022.
Toyota: 100.928 unit (pangsa pasar 31,5 persen)
Daihatsu: 62.346 unit (19,5 persen)
Mitsubishi: 44.442 unit (13,9 persen)
Honda: 36.059 unit (11,3 persen)
Suzuki: 27.730 unit (8,7 persen)
Sumber: Gaikindo, 2022. (Din/Aa)