Meluncur 30 Juli, Suzuki GSX-R1000R Anyar Dihargai Segini

0
1735
Suzuki GSX-R1000R versi baru - dok.Young Machine

Tokyo, Mobilitas– Suzuki Motor di Jepang berencana meluncurkan versi terbaru dari motor sport gede besutannya – Suzuki GSX-R100R – pada 30 Juli nanti. Kabar yang beredar menyebut, pabrikan berlambang huruf “S” itu akan membanderolnya 2,156 juta yen atau sekitar Rp 283,12 juta (kurs 1 yen = Rp 131,32).

Informasi rencana peluncuran itu diungkap majalah otomotif Young Machine belum lama ini. Bahkan, sederet foto-foto GSX-R1000R paling gres alias paling anyar itu, juga telah marak beredar di jagat maya.

Varain tertinggi atau tipe paling atas di jajaran Suzuki GSX ini disajikan dalam tiga pilihan warna. Mereka adalah, Glass Matte Mechanical Grey, Matte Black, serta Blue Metallic.

Meski, dari tiga pilihan warna itu, hanya Glass Matte Mechanical Grey yang merupakan varian warna baru. Pada varian ini Suzuki memadu-padankan unsur kelir abu-abu dengan hitam untuk melabur bagian bodi.

Suzuki GSX-R1000R Matte-Black- dok.Young Machine

Kemudian, aksen yang berupa paduan antara kelir emas dan krom disisipkan di sejumlah bagian. Walhasil, “tongkrongan” GSX-R1000R anyar ini lebih elegan dan terlihat eksklusif.

Lantaran itu pula, Suzuki menyisipkan aksen tersebut pada sejumlah bagian di varian Matte Black dan Blue Metallic. Unsur-unsur aksesn itulah yang menjadi pembaruan pada GSX-R1000R tersebut.

Selain itu, undercowl kini disaput kelir hitam. Sehingga selaras dengan saputan warna pada bagian-bagian mesin. Walhasil, kesan lebih berwibawa pun mencuat.

Namun pada penyegaran kali ini, Suzuki tak mengutak-atik mesin dan masih mempercayai mesin versi lama untuk diusung versi anyar ini. Mesin tersebut adalah 999 cc DOHC empat silinder dengan sistem pendinginan menggunakan cairan yang bertenaga 199 hp di 13.200 rpm dengan torsi 117,5 Nm pada 10.800 rpm.

Suzuki GSX-R1000R Blue Metalic – dok.Young Machine

Motor berdimensi panjang 2.075 mm, lebar 705 mm, dan tinggi 1.145 mm ini menggunakan upside-down Showa Balance Free Front Fork(BFFF) sebagai peranti suspensi depan. Sedangkan di bagian belakang menggunakan shockbreaker monoshock besutan Showa berteknologi Balance Free Rear Cushion lite (BFRC). (Jim/Aa)