Meluncur di 2022, Ini Bocoran Spesifikasi Suzuki Jimny Lima Pintu

0
236
Suziki Jimny lima pintu tengah diuji jalan - dok.Istimewa via Autoindustriya

Mumbai, Mobilitas – Sejak beberapa bulan terakhir, nama Suzuki Jimny versi lima pintu menjadi topik perbincangan hangat para pecinta SUV off-road di berbagai belahan dunia. Setelah sosoknya – berbalut kamuflase – kedapatan tengah dites di jalan, kabar yang lebih menarik pun berdear, yakni bakal diluncurkan tahun 2022 mendatang.

Seperti dilaporkan laman Economic Times dan Autoindustriya belum lama ini, dokumen soal jatidiri SUV ikonik Suzuki itu telah bocor. Salah satunya menyebut, meski memiliki lima pintu namun dimensi panjang SUV itu tetap di bawah 4.000 milimeter (mm) atau kurang dari 4 meter.

Total panjang varian anyar dari Suzuki Jimny ini sekitar 3.850 mm, dengan jarak sumbu roda yang 2.550 mm. Artinya, panjangnya hanya bertambah 200 mm, dan wheelbase atau jarak sumbu roda bertambah 300 mm.

Sedangkan lebar dan tingginya tak mengalami perubahan, alias sama dengan versi tiga pintu yakni 1.645 mm dan 1.725 mm.

“Bahkan, Jimny lima pintu ini sebenarnya lebih pendek dari pada Honda Jazz (yang kini sudah tak diproduksi lagi), karena hatchback Honda itu panjangnya 3.989 mm. Sehingga, kami ingin tahu seberapa luas Jimny lima pintu nantinya,” tulis Autoindustriya.

Mesin yang diusung varian lima pintu itu, sama dengan versi tiga pintu, yakni 1.5 liter K15B empat silinder segaris. Meski ada informasi – yang belum dikonfirmasi secara resmi oleh suzuki – bahwa versi lima pintu akan diimbuhi turbo untuk memberinya lebih banyak tenaga.

Suzuki Jimny lima pintu tengah diuji jalan – dok.Istimewa via Autoindustriya

Bahkan, powertrain hybrid ringan tampaknya juga akan tersedia. Sedangkan bobotnya diperkirakan bertambah 100 kilogram dibanding versi tiga pintu. Ini bisa menjadi alasan mengapa turbocharger atau powertrain hybrid ringan akan digunakan pada Jimny lima pintu. (Swe/Aa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here