Meluncur di RI, New Colt L300 Punya Lima Keunggulan Ini

0
1292
Mitsubishi New Colt L300 lebih bertenaga namun lebih irit BBM - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), yang merupakan distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia resmi meluncurkan generasi terbaru dari pikap legendaris Mitsubishi Colt L300. Versi anyar bernama New Colt L300 ini hadir dalam dua varian Flat Deck Hitam dan Cabin Chassis Hitam yang dibanderol Rp 218,65 juta dan Rp 213,65 juta on the road Jakarta.

Namun, yang jauh lebih menarik dari generasi paling gres alias generasi anyar ini adalah keunggulannya, sehingga Mitsubishi Motors memberi tagline SUPER untuk pikap legendaris yang di Indonesia generasi pertamanya dijual sejak tahun 1981 itu.

Tagline ini sesuai dengan reputasi L300 yang telah dikenal masyarakat di Indonesia sebagai “kendaraan SUPER Jagoan pick-up yang telah hadir di Indonesia selama lebih dari 40 tahun dan menjadi partner usaha beberapa generasi,” ungkap Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Irwan Kuncoro, saat peluncuran New Colt L300 secara virtual di Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Menurut Irwan jargon SUPER itu merupakan cerminan dari lima keunggulan alias “Lima Kelebihan” yang di miliki oleh New Colt L300 karena kata SUPER merupakan akronim kalimat penjelas keunggulan kendaraan niaga ringan tersebut. S pertama merupakan singkatan dari Super Strong yang merupakan penggambaran New Colt L300 sebagai kendaraan niaga kuat, berperforma, dan tangguh.

Mitsubishi New Colt L300 – dok.Istimewa

“NEW Colt L300 hadir lebih tangguh dengan dilengkapi mesin diesel baru 2.268 cc dengan model 4N14 – DOHC 4 Cylinder Inline, Direct Injection, Inter Cooler Common Rail Turbocharger, yang menghasilkan tenaga 99,25 PS pada 3.500 RPM dan torsi 200 Nm pada 1.000-3.500 RPM. Tenaga dan torsi ini lebih besar sekitar 40 persen dari model sebelumnya untuk mendukung muatan lebih banyak dan dengan tenaga tarikan yang lebih besar,” papar Irwan.

Kemudian huruf U, merupakan penggambaran karakter New Colt L300 yang memberikan Untung lebih banyak. Pasalnya, generasi anyar Colt L300 ini memiliki ukuran kargo 8 persen lebih luas, lebih panjang 200 milimeter (mm) dari generasi sebelumnya.

“Sehingga lebih unggul dan menguntungkan pengusaha dari sisi kapasitas daya angkut, yang menjadi poin utama andalan kendaraan pikap. Terlebih, NEW Colt L300 juga menawarkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien, dimana keduanya dapat memaksimalkan keuntungan,” kata Irwan.

Huruf selanjutnya, yakni P merupakan penggambaran dari Perawatan New Colt L300 yang super mudah. Hal ini berkat jaminan garansi, serta perawatan kendaraan yang dapat dilakukan di lebih dari 300 jaringan bengkel atau diler resmi, dan ketersediaan suku cadang di lebih dari 3.500 outlet suku cadang yang tersedia di seluruh Indonesia.

Mitsubishi New Colt L300 yang diaplikasikan sebagai mobil boks – dok.Istimewa

“Dengan kemudahan perawatan, ketersediaan suku cadang berstandar resmi Mitsubishi, serta ketahanan kendaraan seperti yang telah dikenal pada generasi model sebelumnya, NEW Colt L300 juga memiliki ketahanan produk dengan usia pakai yang awet untuk jangka waktu yang lama,” sebut Irwan.

Enak Dipakai dan Ramah Lingkungan
Sedangkan huruf E dalam singkatan SUPER yang merupakan rangkuman dari lima keunggulan New Colt L300 adalah singkatan dari enak dipakai. Ini dikarenakan penyegaraan yang disajikan di New Colt L300 ada pada bagian eksterior maupun interior.

Kabin generasi baru L300 ini luas dan lega. Kemudian desain speedometer dan odometer yang baru dengan teknologi digital memudahkan pengemudi melihat informasi terkait kecepatan kendaraan, posisi gigi transmisi, bahan bakar dan sebagainya.

Terlebih, posisi sepeaker juga ditata ulang sehingga nyaman saat memberikan hiburan, dan posisi kabin dibuat lebih tinggi 100 mm. Sehingga, memberikan daya pandang atau visibilitas yang lebih baik kepada pengemudi.

Mitsubishi New Colt L300 tipe cabin chasis – dok.Istimewa

Adapun huruf R di akronim SUPER, adalah penggambaran dari karakter New Colt L300 yang ramah lingkungan. Dengan dengan mesin diesel 4N14 dengan standar Euro-4, kendaraan ini menghasilkan emisi lebih ramah lingkungan, pasalnya konsumsi bahan bakar lebih irit dan efisien.

“New Colt L300 hadir untuk menyempurnakan model sebelumnya yang telah menjadi kendaraan niaga ringan andalan dan partner bisnis legendaris terpercaya konsumen di Indonesia selama lebih dari empat puluh tahun,” ungkap President Director PT MMKSI, Naoya Nakamura, dalam keterangan tertulis.

Penguasa Pasar
Sebagai kendaraan niaga ringan, menurut Irwan, Mitsubishi Colt L300 sejak dipasarkan di Indonesia pada tahun 1981 telah menjadi peimpin penjualan di pasar segmennya alias market leader. Konsumen kendaraan ini merupakan para pelaku usaha yang secara turun temurun selalu menggunakannya sebagai kendaraan penunjang aktifitas bisnis mereka.

“Mereka adalah konsumen loyal karena telah merasakan keunggulan Colt L300 dalam mendukung dan memberikan keuntungan bagi usaha mereka,” tandas Irwan.

Pernyataan serupa diungkapkan Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Tetsuhiro Tsuchida. Dengan rekam jejak yang seperti itu, Tsuchida menyebut pihaknya berharap penjualan New Colt L300 mencapai jumlah sebanyak-banyaknya.

“Setidaknya dalam satu tahun mencapai 30.000 unit,” kata dia di acara yang sama.

Mitsubishi L300 berkiprah di pasar Indonesia sejak tahun 1981- dok.Istimewa

Bahkan, sepanjang Januari – Mei tahun ini, Colt L300 versi sebelumnya berhasil menggenggam pangsa pasar lebih dari 60 persen di segmennya.

Data di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, Selasa (28/6/2022) menunjukkan, di lima bulan pertama itu penjualan unit pikap itu ke diler (wholesales) mencapai mencapai 11.926 unit. Jumlah ini menanjak 10,2 persen dibanding periode sama tahun 2021 lalu.

Sementara, jumlah unit yang terjaul sejak tahun 1981 hingga Mei tahun 2022, telah mencapai 667.213 unit. Jumlah unit Colt L300 itu tersebar di berbagai daerah di Tanah Air. (Din/Aa)