Menggelinding di India, Honda CB200X Dibanderol Rp 28 Juta

0
1357
Honda CB200X yang dijual di India - dok.HMSI

New Delhi, Mobilitas – Honda Motorcycle and Scooter India (HMSI) resmi meluncurkan sekaligus mulai menjual motor adventure Honda CB200X. Honda mengaku optimis motor ini bakal laris karena tren motor jenis ini di India dan negara-negara lain di dunia tengah berkembang.

Seperti dilaporkan Livemint dan Torque & Sport, HMSI membanderol motor ini Rs 144.500 atau sekitar Rp 28 jutaan ( kurs Rs 1 = Rp 193,72). “Honda CB200X memberikan jawaban bagi para pecinta turing yang kini terus bertambah jumlahnya di India, sejalan dengan tren yang menjamur di dunia,” ungkap HMSI.

Honda membekalinya dengan mesin PGM-Fi 184cc dengan sistem pendinginan udara yang menyemburkan tenaga hingga 17 hp dengan torsi maksimum 16,1 Nm. Semburan tenaga disalurkan ke roda dengan menggunakan girsboks lima tingkat percepatan.

Tampilan belakang Moto Morini X-Cape 650 – dok.Istimewa

Motor dengan rangka model diamond itu dilengkapi perangkat suspensi Upside Down untuk roda depan dan monoshock di belakang. Dia menggunakan pelek alloy dengan profil 110/70-17 untuk roda depan dan 140/70-17 di belakang.

Honda memberinya cakram 276 mm untuk pengereman di roda depan dan 220 mm di belakang. Menariknya, peranti pengereman ini telah menggunakan sistem ABS (Anti-lock Braking System) satu channel untuk mencegah roda mengunci saat dilakukan hard braking.

Sistem pencahayaannya menggunakan LED, termasuk lampu utama LED dengan position lamp, LED winker, dan lampu belakang LED. Dia juga telah mengadopsi kluster instrumen digital.

Varian warna abu-abu Honda CB200X – dok.HMSI

Honda juga menyematkan fitur engine stop switch, hazard switch, split seat, upswept exhaust, dan under cowl. Ada tiga pilihan warna yang di sajikan Pearl Nightstar Black, Matte Selene Silver Metallic, dan Sports Red. (Jrr/Aa)