Meski Pasar Lesu, Mitsubishi Fuso Indonesia Masih Raup Pangsa Pasar 39,2 Persen

Ilustrasi, Mitsubishi Fuso Fighter X - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor kendaraan niaga Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia, berhasil mempertahankan posisi nomor satu di pasar kendaraan niaga di Indonesia.

Keterangan resmi PT KTB yang diterima Mobilitas di Jakarta, Rabu (22/5/2024) menyebut sepanjang tahun fiskal 2023/2024 (April 2023 – Maret 2024) PT KTB meraup angka penjualan sebanyak 29.276 unit. “Di tengah menurunnya permintaan pasar, Mitsubishi Fuso meraih pencapaian market share (pangsa pasar) 39,2 persen pada tahun fiskal 2023 – Maret 2024,” bunyi keterangan itu.

Pencapaian ini, lanjut PT KTB, semakin memperkuat posisi Mitsubishi Fuso sebagai pemimpin pasar kendaraan niaga di Indonesia selama lebih dari 53 tahun berturut-turut. Sedangkan di tahun 2024, selama kuartal pertama (Januari – Maret) market share yang dikantongi Mitsubishi Fuso Indonesia masih 38,8 persen, dengan total penjualan 8.392 unit.

“Pada kuartal 1 2024 ini masih ditopang oleh varian Fuso Canter untuk kelas truk ringan (Light Duty Truck/LDT) melalui pencapaian market share sebesar 57,8 persen di April 2024. Pencapaian ini terus mengalami kenaikan sebesar 9,2 persen sejak bulan Januari 2024 sekaligus menunjukan bahwa truk Mitsubishi Fuso Euro 4 telah diterima dengan sangat baik oleh konsumen,” ungkap Direktur Sales & Marketing Division PT KTB, Aji Jaya.

Fuso Canter FE 71 dengan rear body box cold chain – dok.Mobilitas

Aji menyebut keberhasilan Mitsubishi Fuso mencapai posisi pemimpin pasar di segmen kendaraan komersial truk, tidak lepas dari konsep layanan penjualan dan layanan purna jual yang diberikan kepada pelanggan. Tahun ini membawa tema Customer First.

Dengan tema tersebut Mitsubishi Fuso siap menerima sekaligus mengutamakan suara dan kebutuhan dari bisnis konsumen sebagai Andalan Bisnis Sejati yang memiliki tiga pilar layanan utama.

“Pertama, Zero Down Time dimana konsumen tidak perlu khawatir dengannoperasional unit karena Mitsubishi Fuso memiliki layanan 127 unit Mobile WorkshopnService (MWS) yang dapat memberikan layanan perbaikan ke tempat konsumen, serta 17 Bengkel Siaga 24 jam yang bisa memaksimalkan jam operasional kendaraan konsumen,” kata Aji.

Terlebih, layanan purna jual itu juga didukung dengan Parts Depo sebanyak 19 titik yang menjamin ketersediaan suku cadang.

Pilar kedua adalah Mitsubishi Fuso juga menjadi Customer Business Consultant yang siap membekali berbagai program pelatihan bagi mekanik dan driver konsumen sehingga operasional Truk Fuso konsumensemakin terjamin.

Ilustrasi, truk yang difungsikan sebagai kendaraan mobile service di dealer Mitsubishi Fuso untuk memberikan layanan ke lokasi konsumen berada – dok.Mobilitas

“Dan yang ketiga, Mitsubishi Fuso memberikan Best Life Cycle Value yang sangat menguntungkan bagi bisnis konsumen dengan pilihan produk handal sesuai kebutuhan, layanan terbaik sejak proses pembelian unit, masa operasional, layanan purna jual, hingga harga jual kembali yang masih tinggi,” tandas Aji.

Aji juga menegaskan PT KTB akan terus berusaha meningkatkan market share untuk mempertahakankan posisi sebagai market leader dengan memanfaatkan setiap peluang di tengah persaingan pasar yang semakin ketat dengan memberikan berbagai program layanan yangsesuai kebutuhan konsumen. Caranya, melalui visi kami sebagai Andalan Bisnis Sejati memberikan kontribusi yang terbaik bagi pertumbuhan bisnis konsumen.

“Dengan pencapaian pada bulan April 2024 ini, Mitsubishi Fuso akan terusnberkomitmen memberikan berbagai layanan yang dibutuhkan konsumen sebagainAndalan Bisnis Sejati,” tegas Aji. (Anp/Aa)