Mobil Listrik Dongfeng Ini Siap Tumbangkan Wuling Mini EV

0
1432
Dongfeng FengGuang Mini EV - dok.Istimewa

Wuhan, Mobilitas – Sepanjang tahun 2021 kemarin publik Republik Rakyat Cina (Cina) dan dunia dibuat kagum oleh mobil listrik mungil buatan kongsi SAIC Motor – General Motors – dan Wuling Automobile (SGMW) yakni Wuling Hongguang Mini EV. Mobil yang mulai dijual pada Juli 2020 dengan harga yang bersaing ini langsung menyerobot posisi teratas dalam daftar mobil terlaris di Cina.

Data penjualan yang dirilis Asosiasi Produsen Mobil Cina (CPCA) dan Asosiasi Kendaraan Penumpang Cina (CAAM) seperti dilansir laman InsideEVs belum lama ini menunjukkan di periode Januari – November 2021 kemarin, Wuling Hongguang Mini EV terjual sebanyak 370.742 unit. Jumlah itu meroket hingga 325,4% dibanding periode sama tahun sebelumnya.

“Wuling Hongguang menjadi mobil terlaris kedua di Cina dalam total penjualan keseluruhan jenis dan kategori mobil (baik konvensional maupun elektrifikasi dari hybrid, plug-in hybrid, hingga listrik murni) dan menjadi mobil elektrifikasi (NEV) di Cina selama periode tersebut,” tulis laman itu.

Wuling Hongguang Mini EV, menjadi mobil terlaris kedua di Cina sepanjang januari-November 2021 – dok.Istimewa

Faktanya, mobil setrum Wuling itu mengungguli penjualan mobil listrik Tesla yakni Tesla Model 3 dan Tesla Model Y yang sebelumnya merajai penjualan. Keduanya diproduksi di pabrikan Tesla yang berada di Shanghai, Cina.

Mencorongnya kinerja dan popularitas Wuling Hongguang Mini EV ini telah membuat pabrikan lain “ngiler. Mereka juga ingin mencecap gurihnya pasar dengan memproduksi mobil sekelas, bahkan serupa alias mirip.

Setelah Chery dengan mobil listrik Chery Ice Cream, kini pabrikan asal Wuhan – yakni Dongfeng Motor Corporation – juga menyodorkan mobil setrum yang sama. Namanya, Dongfeng FengGuang Mini EV.

Tampilan belakang Dongfeng FengGuang Mini EV – dok.Istimewa

Bahkan, tampilan mobil bersumber tenaga dari arus setrum baterai ini sekilas mirip dengan Wuling Hongguang Mini EV. “Secara keseluruhan, dibandingkan dengan Wuling, ia memiliki proporsi yang hampir identik, roda kecil, dan garis yang sangat mirip pada spatbor, namun, beberapa detil membedakannya,” tulis Sino Auto dan China EV, belum lama ini.

Dongfeng FengGuang Mini EV memiliki panjang 2.995 milimeter (mm), lebar 1.495 mm, dan tinggi 1.640 mm, dengan jarak sumbu roda 1.960 mm. Semua dimensi ukuran ini sedikit lebih besar dibanding Wuling Hongguang Mini EV.

Mobil ini dibekali motor listrik tunggal yang menghasilkan tenaga 34 hp (25 kW). Semburan tenaga ini lebih besar ketimbang semburan tenaga motor listrik Wuling yang sebesar 27 hp (20 kW).

Tampilan depan Dongfeng FengGuang Mini EV – dok.Istimewa

Dongfeng FengGuang Mini EV akan diluncurkan pada kuartal pertama 2022 dengan harga diklaim sangat terjangkau. Lantas akankah mobil setrum Dongfeng ini juga akan dijajakan di luar negeri seperti halnya Wuling Hongguang Mini EV yang akan dijual di Indonesia pada tahun 2022 ini?. (Vto/Aa)