Motor Retro Honda CB400SF Versi Anyar Segera Lahir

0
513
Gambar rendering Honda All New CB400SF - dok.Young Machine

Tokyo, Mobilitas – Pabrikan sepeda motor Jepang – Honda Motor Company – sejak beberapa waktu lalu dikabarkan tengah menyiapkan versi terbaru dari motor naked bergaya retro Honda CB400SF (Super Four). Bahkan gambar rekaan – hasil rekayasa digital – atau rendering dari generasi baru motor legendaris itu juga telah beredar.

Seperti dilaporkan majalah otomotif Jepang Young Machine dan Living Gravity, belum lama ini, kekhasan tampilannya – yakni lampu bulat yang menjadi khas motor retro – tetap dipertahankan. Namun, teknologinya meningkat dengan digunakannya LED.

Instrumen cluster juga telah menggunakan teknologi digital. Namun secara bentuk tampilan tetap mempertahankan gaya tampilan motor neo retro.

Honda CB400SF Limited Edition – dok.Istimewa

Kaki-kaki dibuat lebih kekar. Sementara, perangkat pengeremannya – baik di roda depan maupun belakang – menggunakan piringan cakram.

Gaya khas retro lainnya yang tetap diperthankan adalah setang telanjang. Kemudian tangki bahan bakar berukuran besar, dan bentuk buritan yang konservatif.

Gaya desaian spion yang bulat juga tetap dipertahankan. Meski, sedikit mengalami revisi dari sisi material, namun bentuk spion tetap dipertahankan sehingga gaya khas retro tetap mencuat kuat.

Jika Honda mempertahankan eksistensi motor ini sangat beralasan. Motor yang pertama kali lahir pada tahun 1990 ini memiliki penggemar fanatik.

Honda CB400SF – dok.Young Machine

Tak hanya di Jepang, tetapi juga di Asia Tenggara, khususnya Thailand. Bahkan di sejumlah negara di belahan dunia bagian barat seperti Eropa dan Amerika.

Indikasi lahirnya versi terbaru – dengan status All New – itu terlihat dari langkah Honda yang beberapa waktu menyodorkan versi edisi terbatas alias Honda CB400SF Limited Edition. Serangakaian ubahan tampilan diberikan di edisi tersebut, kecuali mesin.

Seperti diketahui mesin yang disandang motor ini adalah mesin DOHC 4 Tak, empat silinder segaris, berkubikasi 399 cc berteknologi VTEC. Kemungkinan besar versi paling anyar nanti tetap menggunakannya, meski tak menutup kemungkinan ada perubahan sedikit settingannya.

Mesin Honda CB400SF – dok.Istimewa

Semburan tenaga yang dihasilkan mencapai 56 PS atau sekitar 55,2 hp pada putaran mesin 11.000 rpm dengan torsi 39 Nm pada 9.500 rpm. Tenaga inidisalurkan ke roda menggunakan transmisi 6 tingkat percepatan.

Hanya, hingga kini belum ada informasi pasti kapan versi anyar – yang dinamai Honda All New CB400SF – ini diluncurkan. Meski selentingan kabar yang beredar menyebut pada tahun depan di Jepang. (Din/Aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here