Pembangunan Selesai, Tol Bandara Kertajati – Cipali Siap Beroperasi

0
1248
Gerbang Tol Kertajati Utama - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Jalan Tol yang merupakan akses Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati dan terkoneksi dengan Tol Cikopo – Palimanan (Cipali) kini proses pembangunannya telah selesai. Karenanya, jalan tol sejauh 3,38 kilometer itu siap dioperasikan dalam waktu yang tidak lama lagi.

“Iya sudah selesai proses konstruksinya.Sekarang sedang menunggu surat keputusan untuk pengoperasi dari Bapak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Insya Allah awal tahun depan sudah dioperasikan,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit saat dihubungi Mobilitas di Jakarta, Jumat (26/11/2021).

Bahkan, menurut Danang,pembangunan fisik ruas tol ini sudah rampung pada September lalu. Kini sudah tidak aktifitas pekerjaan, karena sarana perlengkapan yang dibutuhkan sebuah jalan tol seperti rambu dan lampu pun sudah terpasang.

Akses ke ruas tol Kertajati – dok.Kementerian PUPR

Pengoperasian akses jalan tol yang akan dikelola PT Astra Tol Cipali ini diharapkan memicu semakin aktifnya operasional Bandara Kertajati yang saat ini masih menggunakan jalan provinsi. Sebab melalui jalan tol bukan hanya menghemat waktu tetapi juga menjadikan perjalanan lebih nyaman.

“Selain itu akan membuka akses perkembangan wilayah. Sebab dengan terkoneksi ke jalan tol Cipali maka masyarakat di Karawang, Bandung, hingga Cirebon bisa memanfaatkan pesawat di Bandara Kertajati untuk melakukan penerbangan rute domestik maupun internasional,” jelas Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada Yogyakarta itu.

Pengoperasian ruas tol ini kemungkinan juga berbarengan dengan delapan ruas tol lainnya. Ruas baru ini berada di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. (Din/Aa)