Penjualan Catur Wulan Mitsubishi dari 2018 hingga Kini, Merosot Terus

0
728
Mitsubishi Pajero Sport versi terbaru - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Saat ini Mitsubishi Motors di Indonesia menjajakan tujuh varian model mobil penumpang dan niaga ringan di Indonesia. Tujuh model yang dijajakan melalui PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) itu terdiri dari mobil penumpang dan niaga ringan.

Mereka adalah Mitsubishi Xpander, Mitsubishi Xpander Cross, Mitsubishi Pajero Sport, Mitsubishi Eclipse Cross, Mitsubishi Outlander PHEV di jajaran kendaraan penumpang. Kemudian Mitsubishi L300, dan Mitsubishi Strada Triton di pasar kendaraan niaga ringan.

Data yang dihimpun Mobilitas dari catatan penjualan yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di rentang empat bulan pertama yakni dari Januari hingga April tahun 2021 ini, total penjualan ke konsumen (ritel) yang dibukukan Mitsubishi hanya 31.561 unit.

Mitsubishi Xpander – dok.Youtube

Jumlah ini menurun dibanding penjualan ritel selama periode sama tahun 2020 yang masih sebanyak 34.400 unit. Artinya di catur wulan pertama tahun ini penjualan ritel merek berlambang tiga berlian ini menyusut hingga 2.839 unit.

Padahal, di tahun 2021 ini dua model besutan Mitsubishi yakni Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Xpander Cross – sesuai dengan penetapan Menteri Perindustrian melalui Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 839 Tahun 2021 dengan dasar Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 31 Tahun 2021, berhak mendapatkan insentif perpajakan.

Wujudnya berupa pemangkasan (diskon) tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) bagi mobil buatan dalam negeri berkandungan lokal minimal 70% dengan mesin 1.500cc ke bawah.

Mitsubishi New Triton – dok.Mitsubishi Motors

Sesuai dengan PMK Nomor 31 Tahun 2021 itu, untuk periode Maret hingga Mei diskon tarif PPnBM yang diberikan sebesar 100% dari tarif yang berlaku sebelumnya. Artinya selama kurun waktu itu, besaran tarif PPnBM-nya 0%.

Lalu di periode Juni – Agustus diskon sebesar 50% (dari tarif yang berlaku sebelumnya. Sedangkan pada September – Desember diskon yang diberikan 25%.

Namun, amblesnya penjualan ritel Mitsubishi tak hanya terjadi di tahun 2021, tetapi juga di waktu sebelumnya. Penjualan ritel di rentang januari – April 2020 pun, juga ambles dibanding periode sama tahun 2019 yang saat itu mencapai 44.658 unit.

Mitsubishi Xpander Cross – dok.Istimewa

Padahal, penjualan selama empat bulan pertama tahun itu juga sudah ambles dibanding penjualan ritel yang dicatatkan kurun waktu yang sama tahun 2018. Saat itu, angka penjualan ritel yang dikoleksi Mitsubishi Motors Indonesia mencapai 51.180 unit. (Jrr/Aa)