Jakarta, Mobilitas – Bukan hanya penjualan unit dari pabrik ke diler (wholesales) saja penjualan Daihatsu Rocky ambles, tetapi juga dari diler ke konsumen (penjualan ritel).
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Rabu (27/9/2023) menunjukkan, sepanjang Januari hingga Agustus tahun ini, total angka wholesales yang diraup SUV kompak Daihatsu itu hanya sebanyak 3.732 unit. Jumlah ini ambles 40,9 persen dibanding wholesales yang dibukukannya pada periode sama di tahun lalu, yang mencapai 6.388 unit.
Sementara, pada saat yang sama, angka penjualan ke konsumen (penjualan ritel) yang berhasil diserok saudara kembar Toyota Raize ini sebanyak 4.489 unit.
Jumlah ini ambles alias berkurang hingga 2.667 unit dibanding total penjualan ritel selama Januari – Agustus tahun lalu, yang masih sebanyak 7.156 unit.
Sekadar informasi SUV kompak berplatform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) itu, saat ini berbanderol Rp 207,45 juta – Rp 272,35 juta. Dia pertama kali diluncurkan pada April 2021 dengan satu varian mesin yakni 1.0 liter tiga silinder plus turbo intercooler.
Kemudian PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku pemasarnya meluncurkan varian anyar bermesin 1.2 liter WA-VE tiga silinder pada 17 Juni 2021. Mobil ini diproduksi di pabrik Daihatsu Motor Indonesia di Karawang, Jawa Barat. (Din/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id