Penjualan ke Diler Januari – Mei, Fortuner Ditekuk Pajero Sport

0
645
Ilustrasi, Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 Rockford Fosgate Edition - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Dua model Sport Utility Vehicle (SUV) ladder frame merek Jepang yakni Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport bersaing ketat. Bahkan aura duel SUV ini sudah terasa sejak beberapa tahun lalu ketika keduanya disodorkan ke pasar Indonesia.

Posisi pemenangnya pun silih berganti. Namun, dalam urusan penjualan ke diler (wholesales) di Januari hingga Mei tahun ini, Toyota Fortuner ternyata kalah jauh dari Mitsubishi Pajero Sport.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, selama lima bulan pertama itu Toyota Fortuner hanya mengoleksi angka wholesales sebanyak 5.627 unit. Dan di bulan Mei saja, jumlah wholesales yang dicatatkan hanya 710 unit.

Interior Mitsubishi Pajero Sport terbaru – dok.Istimewa

Sementara, di kurun waktu yang sama (Januari – Mei tahun ini) Mitsubishi Pajero Sport berhasil mengantongi angka wholesales sebanyak 6.572 unit. Sedangkan di bulan Mei saja sebanyak 1.376 unit.

Jelas terlihat di periode lima bulan pertama tahun ini, penjualan Toyota Fortuner ke diler lebih sedikit atau tertuinggal 945 unit. Sedangkan di bulan Mei saja, Fortuner tertinggal 666 unit.

Diskon PPnBM
Satu hal yang perlu dicatat, berdasar Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 20/PMK.010/2021, Fortuner merupakan salah satu mobil bermesin 1.500cc hingga 2.500 cc yang menerima insentif diskon tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Beleid itu menyatakan, insentif diskon tarif PPnBM itu diberikan dalam dua periode dengan besaran yang berbeda.

Periode pertama April-Agustus 2021 diskon sebesar 50% sehingga tarif yang sebelumnya 20% menjadi 10%. Periode kedua berlangsung September – Desember dengan besaran diskon 25%, sehingga besaran tarif yang semula 20% menjadi 15%.

Sementara, Mitsubishi Pajero Sport bukan mobil yang berhak menikmati insentif itu. Tetapi yang pasti, kondisi lima bulan pertama tahun ini merupakan kebalikan dari kondisi di periode sama tahun 2020 lalu.

Toyota Fortuner versi terbaru – dok.Istimewa

Fakta berbicara, saat itu, Mitsubishi Pajero hanya mengumpulkan angka wholesales sebanyak 3.721 unit. Adapun Toyota Fortuner di kurun waktu tersebut mengantongi angka wholesales 4.762 unit. Artinya, Fortuner unggul 1.041 unit.

Jumlah wholesales Fortuner itu dibukukan pada Januari sebanyak 1.097 unit, Februari 1.700 unit, Maret 1.818 unit, April 252 unit, dan Mei 30 unit. Sedangkan angka wholesales Pajero Sport berasal dari Januari 1.417 unit, Februari 1.161 unit, Maret 951 unit, April 83 unit, dan Mei 109 unit. (Run/Aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here