Bisnis

Penjualan Kia EV9 di Korea Selama Kuartal Pertama 2025, Anjlok 56 Persen Lebih

×

Penjualan Kia EV9 di Korea Selama Kuartal Pertama 2025, Anjlok 56 Persen Lebih

Share this article
Mobil listrik Kia EV9 - dok.Istimewa

Seoul, Mobilitas – Kia EV9 merupakan SUV tujuh kursi bersumber tenaga listrik dari baterai (BEV) yang diluncurkan Kia Motors di Korea pertama kali pada 14 Maret 2023.

Data spesifikasi yang dirilis Kia Motors menyebut mobil yang menggunakan Electric Global Modular Platform (E-GMP) itu dibekali baterai berkapasitas 99.8 kWh. Dengan btaerai berkapasitas baterai sebesar itu, mobil ini mampu berjalan sejauh 497 kilometer (km) sekali isi daya.

Terlebih dengan semburan tenaga dari motor listrik yang diusungnya sebesar 380 hp, mobil ini layak menyandang titel sebuah sUV sejati. Kia menyuguhkannya dalam dua varian, varian Earth dan GT-Line, dimana varian GT-Line itu mendapatkan fitur tambahan seperti kursi dengan pemanas belakang, park assist, memory seats, serta ventilated rear seats.

Hanya, di periode Januari – Maret atau kuartal pertama 2025, penjualan mobil itu di negerinya sendiri (Korea Selatan) merana. Muramnya penjualan Kia EV9 ini turut berpengruh ke total, penjualan mobil Kia (gabungan penjualan semua model dan tipe) di kurun waktu itu, yang mengkerut.

Tampilan belakang Kia EV9 GT-Line 2024 – dok.Car Buyer Singapore

Data Asosiasi Importir dan Distributor Mobil Korea (KAIDA) dan Asosiasi Dealer Mobil Korea (KADA) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Mingggu (13/4/2025) menunjukkan, sepanjang periode tiga bulan perdana 2025 tersebut Kia EV9 di Korea laku sebanyak 327 unit. Jumlah ini anjlok hingga 56,8 persen dibanding total penjualan yang dibukukannya pada periode sama di 2024.

Sementara, total penjualan seluruh (gabungan seluruh model) mobil Kia pada saat yang sama mencapai 134. 564 unit. jumlah angka penjualan tersebut menyusut 2,4 persen.

Padahal, secara umum, pasar mobil di Negeri Ginseng itu masih menggeliat. Fakta data berbicara, pada kuartal pertama 2025 itu, jumlah mobil (dari seluruh merek yang ada di Korea, baik lokal maupun asing) yang terjual mencapai 387.702 unit, naik 2,8 persen dibanding periode sama di tahun lalu. (Anp/Aa)

 

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id