Jakarta, Mobilitas – Jebloknya penjualan mobil yang terjadi pada periode sepuluh bulan pertama (Januari – Oktober) 2024 tidak hanya dalam penjualan mobil dari pabrik ke dealer (wholesales) saja, tetapi juga dari dealer ke konsumen (penjualan ritel).
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Senin (11/11/2024) menunjukkan selama periode Januari – Oktober 2024 itu total wholesales mobil di Tanah Air hanya 710.406 unit. Jumlah ini anjlok 15 persen dibanding total wholesales selama periode sama di tahun lalu, yang mencapai 836.128 unit.
Sementara, total penjualan ritel mobil dari berbagai merek yang ada di Indonesia selama sepuluh bulan pertama 2024 itu hanya 730.67 unit. Total penjualan ritel ini anjlok 11,5 persen dibanding jumlah penjualan ritel yang tercetat pada periode Janurai – Oktober 2023 yang masih sebanyak 825.692 unit.
Jebloknya penjualan juga terjadi selama bulan Oktober saja, dimana total wholesales yang dibukukan seluruh pabrikan hanya 77.191 unit. Jumlah penjualan itu menyusut 3,9 persen dibanding total wholesales di bulan yang sama 2023, yang sebanyak 80.350 unit.
Sedangkan total penjualan ritel mobil di bulan kesepuluh itu tercatat hanya sebanyak 73.443 unit. Jumlah tersebut anjlok 7,3 persen dibanding total penjualan ritel selama Oktober 2023 yang masih sebanyak 79.446 unit.
“Memang, selama periode Januari – Oktober (2024) itu banyak tantangan berat yang dihadapi industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih (mobil). Mulai dari daya beli masyarakat yang melemah, lembaga pembiayaan yang semakin ketat dalam menyalurkan pembiayaan kredit, harga komoditas (tambang maupun perkebunan) yang masih tertekan di pasar global. Dimana semua tantangan itu menjadikan permintaan kendaraan bermotor roda empat baik mobil penumpang maupun kendaraan komersial tidak sebanyak tahun lalu,” ujar Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto, saat dihubungi Mobilitas di Jakarta, Senin (11/11/2024).
Meski begitu, Jongkie menegaskan Gaikindo dan seluruh pabrikan yang ada akan memanfaatkan waktu yang tersisa (sekitar dua bulan, yakni November – Desember) untuk menggenjot penjualan. Salah satunya melalui hajatan Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 yang akan digelar di ICE, BSD City, Tangerang, 22 November – 1 Desember 2024.
“Kita manfaatkan sebaik mungkin faktor seasonal (faktor musiman). Karena seperti tahun-tahun sebelumnya, masyarakat biasanya berburu kendaraan baru di waktu akhir tahun. Sedangkan, umumnya pabrikan melalui agen pemegang merek juga menggelar serangkaian program penjualan yang menarik minat masyarakat,” tandas Jongkie. (Jrr/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id