Penjualan Ritel Empat Bulanan, Honda Masih Kedodoran

0
221
Honda BR-V facelift - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Sepanjang empat bulan pertama – yakni dari Januari hingga April – penjualan mobil merek Honda ke konsumen yang dijajakan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) tercatat sebanyak 33.323 unit. Jumlah ini ternyata masih merosot dibanding penjualan ritel selama empat bulan pertama di tahun-tahun sebelumnya.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, sepanjang Januari – April 2020, total penjualan ritel yang dicatatkan Honda sebanyak 37.033 unit. Jumlah ini ambrol dibanding penjualan yang dikoleksi selama periode yang sama tahun lalu, kebetulan di periode itu badai pandemi Covid-19 juga telah menerpa Indonesia.

Riilnya, total penjualan ritel selama kurun waktu empat bulan pertama di tahun 2019 itu sebanyak 50.457 unit. Namun, jangan salah – ternyata meski belum ada terjangan pandemi Covid-19 – pun penjualan ritel di catur wulan pertama tahun itu juga sudah ambles dibanding tahun sebelumnya.

Honda Brio Satya – dok.Istimewa

Fakta berbicara, sepanjang Januari – April 2018, penjualan ritel yang berhasil dibukukan oleh Honda melalui HPM masih sebanyak 58.238 unit. Artinya, penjualan di empat bulan pertama tahun 2019 itu berkurang 7.781 unit dibanding jumlah penjualan yang dikantongi selama kurun waktu yang sama tahun 2018.

Adapun khusus di bulan April tahun 2021 ini, penjualan ritel Honda naik 1,38% dibanding penjualan yang dibukukannya selama bulan Maret. Totalnya, 10.189 unit.

Honda CR-V terbaru – dok.Mobilitas

“Tren penjualan kami masih positif dan kami akan fokus untuk menjaga pasokan agar dapat secepatnya memenuhi permintaan konsumen,” ujar Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM, Yusak Billy, dalam keterangan resmi yang dirilis Kamis (6/5/2021) lalu. (Din/Aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here