Penjualan Ritel Januari – September, Wuling Jauh Tinggalkan Nissan

0
1302
Wuling Cortez CT - dok.Wuling

Jakarta, Mobilitas – Pasar kendaraan bermotor roda empat atau lebih – baik kendaraan penumpang maupun angkutan barang atau komersial (dan untuk lebih mudahnya kita sebut dengan mobil) – sepanjang Januari hingga September tahun ini terbukti lebih baik dibanding periode sama tahun lalu.

Total penjualan – baik ke diler (wholesales) maupun ke konsumen (ritel) – oleh industri di sembilan pertama tahun ini meningkat.

Data yang dihimpun Mobilitas dari catatan penjualan yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, wholesales di kurun waktu itu mencapai 627.537 unit. Jumlah ini melonjak 68,7% dibanding sembilan pertama 2020.

Toyota Rush terbaru – dok.Istimewa

Sementara, penjualan ritel di rentang waktu yang sama, tercatat mencapai 600.344 unit. Jumlah itu menanjak hingga 47,4% dibanding sembilan pertama tahun lalu.

“Selain kondisi ekonomi yang mulai stabil, pandemi covid yang mulai terkendali dengan dibarengi program vaksinasi yang massif, insentif dari pemerintah juga ikut mendorong penjualan mobil, khususnya mobil penumpang. Diskon tarif PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) 100% untuk mobil di bawah 1.500 cc dan 50% untuk mobil diatas 1.500cc sampai 2.500 cc, terbukti menarik minat masyarakat untuk membeli,” papar Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto saat dihubungi Mobilitas di Jakarta, Kamis (21/10/2021).

Selama periode Januari hingga September tahun ini, ada 10 merek mobil yang tercatat sebagai merek dengan penjualan terbanyak (terlaris). Pada daftar tiga besar atau tiga terlaris, merek asal Jepang masih menyapu bersih.

Mitsubishi Xpander, salah satu mobil penerima insentif diskon PPnBM – dok.Istimewa

Ketiganya adalah Toyota dengan total penjualan ritel sebanyak 197.293 unit atau menguasai pangsa pasar 32,9%. Kemudian Daihatsu, yang berhasil menjual 103.780 mobil (17,3%), dan Mitsubishi dengan penjualan 74.354 unit.

Namun yang tak kalah menarik adalah di urutan delapan hingga 10. Pada bagian ini, Wuling – merek mobil asal Cina – bercokol di urutan kedelapan. Dia berhasil melompati Hino, dan jauh meninggalkan merek asal Jepang, Nissan.

Tahun lalu, pada kurun waktu yang sama, Wuling masih bertengger di urutan kesembilan di bawah Hino, tetapi di atas Nissan yang bertngger di urutan ke-10. Meski, bedanya, di tahun ini selisih jumlah penjualan ritel antara Wuling dengan Nissan sangat jauh.

Nissan Livina – dok.Istimewa

Berikut 10 merek mobil paling laris di Januari – September 2021:
Toyota: 197.293 unit
Daihatsu: 103.788 unit
Mitsubishi: 74.354 unit
Honda: 68.376 unit
Suzuki: 63.804 unit
Fuso: 22.368 unit
Isuzu: 18.376 unit
Wuling: 15.383 unit
Hino: 13.136 unit
Nissan: 5.317 unit
Sumber: Gaikindo, 2021 (Din/Vto/Aa)