Penjualan Ritel Mobil Grup Astra di Januari – September Tahun Ini, Empat Merek Anjlok

Ilustrasi, Isuzu Motors di Indonesia - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas – Dari lima merek mobil yang dijajakan Grup Astra (PT Astra International) ternyata hanya merek Lexus (merek mewah milik Toyota) saja yang mencatatkan kenaikan penjualan ke konsumen (penjualan ritel), empat lainnya jeblok.’

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Jumat (18/10/2024) menunjukkan selama periode sembilan bulan pertama 2024, empat merek mobil (termasuk kendaraan niaga truk, pickup, dan bus) Grup Astra yakni Toyota, Daihatsu, Isuzu, serta UD Trucks jeblok. Sebb turun cukup signifikan dibanding Januari – September 2023.

Fakta data berbicara, mobil Toyota yang dijajakan PT Toyota Astra Motor meraup angka penjualan ritel sebanyak 217.608 unit, anjlok 8,4 persen. Kemudian mobil Daihatsu yang dijual oleh PT Astra Daihatsu Motor memetik 129.848 unit angka penjualan, anjlok 13,2 persen.

Lalu truk, pickup, bus, dan kendaraan penumpang yang dipasarkan PT Isuzu Astra Motor Indonesia, total penjualannya ke konsumen sebanyak 20.903 unit. Jumlah itu terperosok hingga 11 persen.

Ilustrasi, LCGC Toyota Agya dalam balutan gaya Gazoo Racing – dok.Mobilitas

Sementara, truk merek UD Trucks yang dijajakan oleh PT Astra International – UD Trucks, di sembilan bulan pertama itu laku terjual ke konsumen sebanyak 1.355 unit. Jumlah ini menciut 0,4 persen dibanding total penjualan ritel yang dicetaknya pada periode sama di tahun 2023.

Sementara, Lexus yang merupakan satu-satunya merek mobil yang dijajakan Grup Astra dengan kinerja yang masih positif, di kurun waktu itu, meraup angka penjualan ritel sebanyak 2.200 unit. Jumlah ini menanjak 36,6 persen dibanding total penjualan ritel yang dibukukannya pada Januari – September 2023.

Adapun mobil merek Peugeot yang dijajakan oleh PT Astra Peugeot, penjualannya telah dihentikan pada bulan Mei lalu. Laporan terakhir yang dicatat Gaikindo, sepanjang kuartal pertama atau Januari – Maret, mobil Peugeot terjual ke konsumen Indonesia sebanyak 23 unit.

Jumlah penjualan ritel itu ambrol 67,6 persen dibanding total penjualan ritel selama tiga bulan pertama di tahun 2023. (Anp/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id