Tokyo, Mobilitas – Sepanjang Agustus, penjualan Toyota anjlok 26,4% dibanding bulan sama 2021.
Data Asosiasi Diler Mobil Jepang (JADA) dan Asosiasi Pabrikan Mobil Jepang (JAMA) yang dikutip Mobilitas, Jumat (9/9/2022) menunjukkan, total penjualan seluruh merek di Jepang selama Januari – Agustus tahun ini sebanyak 2.725.555 unit. Jumlah ini merosot 13,8% dibanding total penjualan selama periode sama di tahun lalu.
Pada saat yang sama, penjualan Toyota Motor menjual 818.394 unit, ambrol 20,4% dibanding tahun lalu. Di Agustus saja, penjualan Toyota 290.042 unit, melorot 9,3% dibanding Agustus 2021.
Data juga memperlihatkan sejumlah mobil andalan Toyota penjualannya ambrol selama Januari – Agustus. itu Toyota Yaris (termasuk Yaris Cross) misalnya, terjual 114.300 unit (ambrol 28,9%).
Kemudian Toyota Raize 57.230 unit (merosot 6,8%), Toyota Voxy 30.013 unit (ambrol 42%), Toyota Noah 32.408 unit (menciut 0,8%), Toyota RAV4 sebanyak 20.184 unit (rontok 45,9%). Lalu, Toyota Prius 22.612 unit (ambles 35,8%), Toyota C-HR 8.780 unit (ambrol 35,2%), dan Toyota HiAce wagon 5.937 unit (menciut 0,8%).
Sepanjang periode Januari – Agutus tahun ini, mobil yang paling banyak diburu konsumen Jepang adalah Honda N-Box. Mobil itu laku sebanyak 132.183 unit, susut 6,1% dibanding tahun lalu. (Swe/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id