Penjualan Versi Lawas Ambles Terus, Varian Baru Wuling Confero Nongol

0
460
Wuling New Confero diuncurkan - dok.Wuling Motors Indonesia

Jakarta, Mobilitas – PT SGMW Indonesia (Wuling Motors Indonesia), Rabu (3/5/2021) meluncurkan varian baru Wuling Confero dengan Rp 150,8 juta on the road Jakarta. Varian ini merupakan varian dengan banderol termurah (sudah termasuk insentif diskon tarif PPnBM 50% untuk periode Juni – Agustus).

“Kali ini, kami memperkenalkan New Confero kepada masyarakat Indonesia. Kami berharap kehadiran New Confero dapat menjadi bagian dalam setiap perjalanan konsumen menuju kehidupan yang lebih baik sejalan dengan semangat Drive For A Better Life,” ujar Brand & Marketing Director Wuling Motors, Michael Budihardja, dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Rabu (3/6/2021).

Wuling memberikan ubahan di bagian eksterior yang terlihat dari grill depan bernuansa hitam serta lampu utama dengan aksen smoky. Kabinnya lapang hingga baris ketiga dengan kapasitas 8-seater serta bagasi yang luas.

Wuling Confero versi terbaru – dok.Wuling Motors

New Confero juga dilengkapi dengan pendingin udara double blower yang menjadikan perjalanan senantiasa nyaman. Fitur lainnya, seatbelt reminder untuk menjaga keamanan dalam berkendara.

Wuling Motors membekalinya dengan mesin empat silinder DOHC berkubikasi 1.485 cc. Semburan tenaga yang dihasilkan 98 PS pada putaran mesin 5.800 rpm dengan torsi 135 Nm pada 3.800 – 4.200 rpm yang disalurkan ke roda menggunakan transmisi manual lima tingkat percepatan.

Kebanting pesaing
Sementara versi yang ada saat ini atau versi lama, sudah dua tahun berturut penjualannya anjlok. Data yang dihimpun Mobilitas dari catatan penjualan ke konsumen (ritel) yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di tahun 2017 (saat Wuling baru beropersi di Indonesia) penjualan Confero sebanyak 3.268 unit.

Lalu, pada tahun 2018, melonjak hingga mencapai 10.843 unit. Namun, pada tahun berikutnya penjualannya anjlok hingga menjadi 9.467 unit.

Anjloknya penjualan terus berlanjut hingga tahun 2020 lalu. Saat itu, penjualan MPV murah Wuling ini tercatat hanya sebanyak 4.157 unit.

Wuling Confero versi anyar dengan harga mulai Rp 169,8 juta – dok.Istimewa

Sedangkan di tahun 2021 – sepanjang kuartal pertama atau dari Januari hingga Maret – Confero terjual ke konsumen sebanyak 1.569 unit. Jumlah itu berasal dari penjualan Januari sebanyak 418 unit, Februari 359 unit, dan Maret 792 unit.

Dia berada di posisi paling bawah dari tujuh Low MPV yang bertarung di pasar Indonesia. Confero jauh tertinggal oleh Toyota Avanza yang laku 11.937 unit, Mitsubishi Xpander yang terjual sebanyak 5.374 unit, dan Nissan Livina yang terlego 2.962 unit.

Penjualan Confero juga jauh di bawah Suzuki Ertiga yang laku 2.409 unit. Begitu pula dengan Daihatsu Xenia yang membukukan penjualan 2.260 unit.

Honda Mobilio – dok.Istimewa

Bahkan tertinggal oleh Honda Mobilio yang di periode itu bertengger di urutan keenam. Low MPV Honda ini terjual sebanyak 1.931 unit. Singkat kata, Wuling Confero di periode itu telah kebanting oleh para pesaing. (Jrr/Aa)