Jakarta, Mobilitas – Selama tujuh pertama tahun 2023 ini Hyundai bercokol di urutan keenam di daftar 10 pabrikan dengan penjualan terbanyak.
Sementara, seperti terlihat di data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Rabu (9/8/2023) Wuling Motors tetap nangkring di urutan ke-10. Selisih penjualannya pun cukup jauh dibanding Hyundai.
Fakta data berbicara, selama Januari hingga Juli itu, jumlah mobil Hyundai yang terjual ke diler (wholesales) sebanyak 20.065 unit. Sedangkan mobil Wuling sebanyak 15.969 unit.
Posisi ini sama persis dengan kondisi pada enam bulan pertama atau semester satu. Saat itu, Hyundai meraup angka wholesales sebanyak 18.411 unit dengan pangsa pasar 3,6 persen, sekaligus mengantarnya ke posisi ke-6 di daftar 10 pabrikan dengan penjualan terbanyak di Indonesia.
Sementara, Wuling hanya mengantongi angka wholesales 9.742 unit dengan pangsa pasar 1,9 persen. Pabrikan asal Liuzhou, Guangzhou, Cina, itu nangkring di urutan ke-10.
Di penjualan ritel, kondisinya setali tiga uang. Hyundai yang berada di urutan ke-6 menyerok angka penjualan sebanyak 18.208 unit dengan pangsa pasar 3,6 persen.
Adapun Wuling mengoleksi angka penjualan sebanyak 11,727 unit(mencuil 2,3 persen pangsa pasar) bertengger di urutan ke-10.
Padahal, dari segi jumlah model yang dijajakan oleh dua merek atau pabrikan itu sama. Hyundai Indonesia saat ini menjual Hyundai Ioniq 5, Hyundai Stargazer, Hyundai Creta, Hyundai Palisade Hyundai Santa Fe, dan Hyundai Staria.
Sedangkan Wuling menjajakan Wuling Almaz, Wuling Alvez, Wuling Formo, Wuling Confero, Wuling Air EV, dan Wuling Cortez. Kinerja pabrikan asal Cina dan Korea ini memang menarik dicermati, karena sebelumnya Hyundai yang lebih “senior” di Indonesia dibanding Wuling kalah jauh dalam penjualan.
Wuling yang memulai berjualan pada 2017, langsung menggebrak dan menjadi bintang baru di Indonesia. Dia bahkan langsung bertngger di urutan ke-8 dan mendepak Nissan Motor ke posisi 10 di daftar 10 besar pabrikan penjual mobil terbanyak, Adapun Hyundai masih berada di luar kelompok 10 besar.
Tetapi, kondisi mulai berubah pada 2022 lalu, Hyundai menggusur Wuling. Pabrikan asal Korea ini berhasil melego mobil buatannya ke konsumen sebanyak 30.193 unit. Sedangkan ke diler (wholesales) sebanyak 31.965 unit.
Dia langsung bercokol di urutan ke-8. Pada saat yang sama, Wuling hanya menjual 24.270 mobil ke diler (wholesales) dan 29.98 unit ke konsumen. Posisinya pun tenggelam dari urutan kedelapan ke urutan sepuluh. (Din/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id