Mobility

Perbaikan Masalah Tak Sesuai, Ratusan Unit Ford Mustang Di-recall Kembali

×

Perbaikan Masalah Tak Sesuai, Ratusan Unit Ford Mustang Di-recall Kembali

Share this article
Ilustrasi, Ford Mustang 2024 - dok.Istuimewa via NewsByte

Washington, Mobilitas – Sebelumnya, pada Juli 2024 lalu, Ford Motor Company telah memerintahkan seluruh dealer-nya untuk melakukan penarikan (recall) terhadap 30.735 unit Ford Mustang yang diproduksi pada 15 September 2022 dn 5 April 2023.

Dokumen penarikan produk di Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Selasa (25/3/2025) menyebut puluhan ribu unit Ford Mustang itu di-recall setelah modul perangkat lunak sensor torsi kemudi beermasalah.

“Proses kalibrasi sensor kemudi mobil-mobil itu tidak akurat. Sehingga, menyebabkan kemudi mobil berputar sendiri, dan mengakibatkan mobil mengarah ke samping secara tiba-tiba,” bunyi keterangan di dokumen NHTSA tersebut.

Seluruh dealer pun telah menjalankan tugasnya dengan melakukan perbaikan modul software yang berfungsi mengendalikan sensor Ford Mustang tersebut. Namun ternyata, meski telah diperbaiki, sebanyak 332 Ford Mustang masih mengalami masalah, terbukti roda kemudi nya masih memutar secara tiba-tiba sehingga berpotensi mengalami kecelakaan.

Ford Mustang 2025 – dok.Istimewa

Melihat fakta ini, Ford Motor pun kembali menginstruksikan me-recall kembali mobil tersebut. NHTSA menyebut untuk penarikan kembali atau recall saat ini, dealer diinstruksikan untuk mengunggah perangkat lunak dengan menggunakan alat layanan khusus Ford.

“Sarana khusus ini bisa mengunduh perangkat lunak terbaru yang semestinya dibutuhkan. Sebelumnya pengunggahan perangkat lunak tersebut tidak berhasil secara menyeluruh dan berujung kegagalan perbaikan sensor,” jelas NHTSA.

Selain recall gegara masalah perangkat lunak pengendali sensor roda kemudi, NHTSA juga menyatakan Ford Mustang juga di-recall karena masalah lain. Model yang ditarik dalam recall terbaru tersebut adalah Ford Mustang model tahun 2025.

“Mobil itu mengalami masalah pada katup transmisi akibat pemasangan yang tidak proper. Hal itu menyebabkan, mobil tiba-tiba bergerak tidak terduga, maju atau mundur secara tiba-tiba meski posisi gigi netral atau saat diposisikan di posisi mundur,” sebut NHTSA. (Din/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id