Piaggio Gedor Dunia via Cina, Piaggio One Jadi Andalan

0
282
Piaggio One - dok.Istimewa via Autocar India

Beijing, Mobilitas – Pabrikan skuter kondang asal Pontedera, Italia – Piaggio – akan meluncurkan skuter anyar di hajatan Beijing Motor Show 2021, pada Jumat (28/5/2021) lusa. Namun, sebelum tanggal itu tiba, pabrikan ini telah memperkenalkannya melalui jejaring sosial TikTok.

Ada dua hal yang menarik dalam peristiwa ini. Pertama, lokasi peluncuran global skuter listrik itu di Cina, dan kedua penggunaan media untuk perkenalannya menggunakan Tiktok. Tentu semua ini bukan tanpa alasan, atau bukan hanya kebetulan.

Republik Rakyat Cina – negeri dengan penduduk terbanyak didunia, sekitar 1,41 miliar jiwa – adalah pasar kendaraan listrik terbesar di dunia. Maklum, pemerintah negeri ini juga gencar mendorong masyarakat menggunakan kendaraan bertenaga dari setrum itu.

Negeri Tirai Bambu  hingga kini juga dikenal sebagai pasar sepeda motor atau kendaraan bermotor roda dua terbesar di dunia. Dan ketiga, jumlah penduduk usia muda negara itu mencapai sepertiga lebih, dengan tingkat pendapatan yang di atas rata-rata seiring dengan membaiknya perekonomian negara.

Tampilan depan Piaggio ONE – dok.Istimewa via Autocar India

Sementara, TikTok yang merupakan jaringan sosial dan platform video musik yang dluncurkan di Cina pada September 2016 lalu, kini telah menjadi platform yang digandrungi anak-anak muda dunia. Jadi, di sini bisa diduga Piaggio tengah memainkan strategi cerdas memantik perhatian dunia untuk menyodorkan skuter anyarnya, skuter listrik Piaggio One.

Minimal, jika dia berhasil menerobos dan menggaet konsumen muda di Cina, maka pendapatan yang lumayan bakal berada di genggaman. Selebihnya, untuk menerobos pasar di wilayah lain – yang kabarnya di Eropa bakal diluncurkan 1 Juni 2021 – juga lebih percaya diri.

Salah satu adegan di tayangan TikTok perkenalan Piaggio One – dok.Piaggio

Produk global
Mengusung tagline One for all, and all for One, Piaggio One diklaim cocok untuk semua kalangan dan usia. Meski secara kasat mata, gaya desain dan fitur kekinian yang diusungnya lebih banyak disukai anak muda.

Gaya desainnya yang minimalis sporty, adalah gaya kesukaan konsumen usia muda. Terlebih, diimbuhi sederet fitur berteknologi terkini seperti keyless, lampu LED (lampu utama, lampu belakang, hingga lampu sein), serta engine map dua mode.

Tampilan lampu depan Piaggio One yang menggunakan LED – dok.Istimewa

Menariknya, skuter listrik ini dibekali baterai yang bisa dilepas ketika dayanya telah habis dan bisa ditukar dengan baterai lain yang terisi penuh daya. Walhasil, kekhawatiran yang menggelayuti benak orang terhadap kendaraan listrik yang terkendala daya jangkau baterai dalam melakukan perjalanan jarak jauh tak terjadi.

Lagi-lagi, rasionalitas dan gaya simpel yang merupakan pola pikir dan gaya hidup anak-anak muda terjawab dengan konsep battery swap ini. Hanya, Piaggio belum menyebutkan soal kapasitas motor listrik dan daya baterai yang bakal digunakan.

Meski secara tersirat terdengar kabar, pabrikan itu akan menawarkan motor listrik dan baterai yang beragam sesuai pilihan. Dan yang pasti, skuter dengan suspensi depan satu sisi dan shock belakang ganda ini menyuguhkan tampilan yang menarik.

Piaggio One – dok. Times Now

Swingarm alloy cast bergaya brush metal finish parts, rem cakram, dan lainnya mencuatkan kesan premium. Lantas berapa harganya? Hingga kini belum ada informasi, karena baru diumumkan Jumat (28/5/2021) nanti. (Aa/Berbagai sumber)