Piaggio Ungguli Suzuki, Juara Tiga Penjualan di Thailand

0
1418
Skuter Vespa yang merupakan bagian dari Piaggio - dok.Review Bukalapak

Bangkok, Mobilitas – Sepanjang tahun 2021 kemarin, pabrikan sepeda motor (roda dua dan tiga) yang beroperasi di Thailand membukukan penjualan produk mereka sebanyak 1,58 juta unit alias naik tipis 4,2% dibanding penjualan tahun 2020. Namun, catatan menarik ditorehkan segmen pasar sepeda motor listrik karena penjualan motor setrum itu naik 142%.

Seperti dilaporkan laman Motorcycles Data, belum lama ini, melonjaknya pasar sepeda motor listrik dikarenakan harga motor tersebut tak terpaut jauh dengan harga motor konvensional atau bermesin pembakaran internal (ICE). Pada sisi lain, pemerintah Negeri Gajah Putih itu terus mendorong warganya agar beralih ke kendaraan yang tanpa emisi demi mengurangi emisi karbon dari sarana transportasi.

“Sepeda motor listrik harganya tidak lebih tinggi secara signifikan dibanding dengan sepeda motor versi ICE. Ini menjadi daya tarik tersendiri,” ujar Juru Bicara klub otomotif Federation of Thai Industry (FTI), Surapong Paisitpatanapon, seperti dilaporkan laman Asia Business Channel.

Ilustrasi, skuter berpda tiga buatan Piaggio – dok.Istimewa

Data dari federasi industri dan hasil riset Motorcycles Data menunjukkan, di tahun 2021 itu Honda masih menjadi juara penjualan dengan total produk yang dilego mencapai 1,2 juta unit. Jumlah penjualan itu naik 2,3% dibanding tahun sebelumnya.

Yamaha yang berada di tempat kedua, hanya membukukan penjualan sebanyak 265.814 unit, meski menanjak 11,0% dibanding tahun 2020. Sedangkan merek asal Italia, Piaggio, bercokol di posisi ketiga setelah melego produk sebanyak 32.891 unit atau naik 17,3% dibanding tahun 2020.

Skuter Piaggio yang dipasarkan di Jerman – dok.Motorcycles Data

Pabrikan lokal GPX, menempati urutan keempat setelah menorehkan kenaikan penjualan hingga 104,3%. Sementara, Suzuki dan Kawasaki mengalami penurunan penjualan hingga dua digit, begitu pula dengan penjualan BMW yang ambles 14,7%, Harley-Davidson juga merosot 12,9%.

Bahkan, Ducati ambrol 60,4 %. (Vto/Aa)