Rapor Penjualan Suzuki di Empat Bulan Pertama, Melorot Terus

0
237
Suzuki XL7 - dok.PT SIS

Jakarta, Mobilitas – Hingga saat ini mobil merek Suzuki – yang di Indonesia dijual oleh Pt Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) – masih terdiri dari dewlapan model. Mereka adalah Suzuki Ertiga, Suzuki XL7, Suzuki APV, Suzuki Carry, Suzuki Ignis, Suzuki Baleno, Suzuki SX4 S-Cross, serta Suzuki Karimun Wagon R.

Kinerja penjualan ke konsumen (ritel) merek berlambang huruf “S” ini dari tahun ke tahun selalu masuk dalam jajaran 10 besar merek dengan penjualan terbanyak di Tanah Air. Posisinya, kalau tidak di urutan ketiga, empat, atau lima.

Begitu pun dalam penjualan periode empat bulanan atau catur wulanan. Tak terkecuali di empat bulan pertama – atau dari Januari hingga April – tahun ini.

Pikap Suzuki New Carry – dok.PT SIS

Data yang dihimpun Mobilitas dari catatan penjualan yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di periode itu, Suzuki bertengger di urutan kelima. Dia berada di bawah Toyota, Daihatsu, Honda, dan Mitsubishi.

Rincian jumlah penjualannya sebagai berikut: Toyota yang berada di urutan pertama menjual sebanyak 80.176 unit, Daihatsu 43.983 unit, dan Honda sebanyak 33.323 unit. Kemudian Mitsubishi Motors menjual sebanyak 31.561 unit, dan Suzuki yang di urutan kelima menjual sebanyak 27.078 unit.

Namun, jika ditelisik lebih cermat, ternyata penjualan ritel selama empat bulan yang dicatatkan Suzuki sejak tahun 2018 hingga tahun ini terus berada di tren penurunan. Fakta data berbicara, di tahun 2018 penjualan ritel merek ini masih sebanyak 38.602 unit.

Suzuki All New Ertiga – dok.Istimewa

Pada tahun berikutnya – yakni tahun 2019 – penjualan ritel yang dibukukannya ambles menjadi 31.712 unit. Tahun 2020 ambles lagi menjadi 28.125 unit, begitu pula di tahun 2021 yang menjadi 27.078 unit. (Din/Aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here