Jakarta, Mobilitas – Meski total penjualan mobil ke konsumen (penjualan ritel) di Indonesia meningkat, namun tak semua pabrikan Eropa penjualannya juga ikut menanjak.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Senin (23/10/2023) menunjukkan sepanjang Januari – September tahun ini, total penjualan ritel mobil dari seluruh merek yang ada di Tanah Air mencapai 746.239 unit.
Jumlah tersebut naik super tipis 1,9 persen dibanding periode sama di tahun 2022 yang sebanyak 732.366 unit.
Fakta berbicara, tidak semua pabrikan atau merek – baik kendaraan penumpang maupun kendaraan niaga – membukukan peningkatan penjualan, sejumlah merek justeru mencatatkan anjloknya penjualan. Tak terkecuali diantara pabrikan atau merek asal Eropa.
Selain itu, diantara pabrikan asal Benua Biru itu mereka yang paling banyak menjual produksnya juga terus saling silih berganti menempati posisi pertama. Khususnya antara Bayersiche Motoren Werke (BMW) dan Mercedes-Benz.
Berikut data penjualan ritel merek mobil asal Eropa sepanjang Januari – September 2023 di Indonesia:
BMW : 2.990 unit (meningkat 36,2 persen dibanding Januari – September 2022)
Mercedes-Benz : 2.526 unit (meningkat 13 persen)
MINI : 582 unit (meningkat 5,6 persen)
Volkswagen : 220 unit (merosot 25,4 persen)
Peugeot : 166 unit (Merosot 57,2 persen)
Audi : 46 unit (meningkat 24,3 persen)
Sumber : Gaikindo, 2023. (Din/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id