Rem Mobil Mendecit? Ini Tiga Biang Keroknya

0
1075
Cakram rem mobil yang kotor oleh karat dan ketebalannya mulai berkurang - dok.Istimewa via Lindleys Autocentres

Tangerang, Mobilitas – Sejumlah pemilik mobil mengaku rem mobil mereka mengeluarkan suara nyaring alias mendecit saat pedal rem diinjak.

Selain mengganggu, bunyi berisik itu juga pertanda ada masalah di bagian tersebut. Menurut Mekanik Senior bengkel Bandar Pelumas Motor, Muhammad Fajri,dari temuan selama menangani kasus yang dialami pemilik mobil diketahui ada tiga penyebab.

“Pertama, karena bagian kampas dan piringan cakram yang kotor. Karena kotor inilah menjadikan seperti ada gesekan yang tidak semestinya antara piringan cakram dengan kampas rem, sehingga menghasilkan bunyi yang mendecit,” ujar Fajri saat ditemui Mobilitas, di Jalan KH Hasyim Asyari, Cipondoh, Tangerang, Kamis (28/7/2022).

Meski terlihat sepele namun, bercokolnya kotoran itu cukup mengganggu kenyamanan bagi pengguna mobil maupun orang lain. Bahkan, jika tidak segera dibersihkan bisa menjadi potensi bahaya karena menyebabkan hasil pengereman tidak makasimal.

Ilustrasi, pengemudi mobil melakukan pengereman – dok.Peake & Fowler

Penyebab kedua adala,  kampas rem tidak asli alias KW yang mulai menipis ketebalannya. Bahan yang tidak bagus dari kampas itu menimbulkan bunyi nyaring ketika bergesekan dengan piringan cakram.

“Solusinya segera ganti dengan kampas yang asli sesuai rekomendasi pabrikan,” kata Fajri.
Ketiga, penyebab perangkat pengereman mendecit saja dilakukan pengereman adalah piringan cakram yang sudah aus dan bergelombang. Karena permukaan yang tidak rata itu, maka akan muncul bunyi mendecit ketika kampas rem mencengkeramnya.

Solusinya hanya satu, segera ganti piringan cakram itu. “Meskipun sejatinya ada solusi bisa dibubut jika memungkinkan. Tetapi demi keamanan dan kenyamanan berkendara sebaiknya diganti,” saran Fajri. (Vto/Aa)