Sebelas Bulan, Penjualan Ritel Mobil Naik Signifikan

0
1278
Toyota Rush GR - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Penjualan mobil – yang terdiri dari kendaraan penumpang maupun komersial – ke konsumen (ritel) sepanjang Januari hingga November di Indonesia tercatat menanjak dibanding periode sama tahun lalu. Pandemi Covid-19 yang relatif terkendali dan perpanjangan insentif menjadi pemicu paling tokcer.

Data yang dihimpun Mobilitas dari laporan penjualan ritel ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, selama sebelas bulan pertama itu total penjualan ritel mencapai 761.861 unit. Jumlah ini naik signifikan dibanding periode sama tahun lalu yang sebanyak 509.788 unit, meski masih ambrol cukup dalam dibanding sebelas bulan pertama 2019 yang mencapai 944.870 unit.

“Januari sampai November kumulatifnya 761.860-an unit, naik signfikan dibanding periode sama 2020. Di bulan November saja mencapai 84.528 unit, atau mendekati rata-rata penjualan mobil bulanan selama tahun 2019 atau sebelum masa pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia,” ungkap Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto saat dihubungi Mobilitas di Jakarta, Rabu (15/12/2021).

Nissan Livina salah- dok.Istimewa satu mobil yang saat ini berhak atas fasilitas diskon PPnBM 100% – dok.Istimewa

Merangkak naiknya penjualan unit ke konsumen dipicu oleh dua hal. Pertama, karena pengendalian pandemi Covid-19 yang relatif terkendali dan membuahkan hasil, menjadikan kegiatan mobilitas masyarakat mulai berangsur meningkat.

“Dengan meningkatnya kegiatan mobilitas masyarakat ini, baik individu atau keluarga dalam rangka kegiatan sosial seperti berkunjung ke rumah saudara atau lainnya dan kegiatan lembaga atau perusahaan dalam aktifitas bisnis, maka kebutuhan kendaraan juga meningkat,” kata Jongkie.

Pemicu kedua adalah, insentif perpajakan berupa diskon tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang diperpanjang hingga akhir Desember tahun ini. Insentif itu, kata Jongkie, memantik minat masyarakar untuk membeli kendaraan karena pengurangan harga yang lumayan.

Mitsubishi New Xpander Cross, salah satu mobil yang mendapatkan fasilitas diskon PPnBM – dok.Mobilitas

Dengan kata lain, instrumen pemantik kegairahan pasar itu terbukti tokcer.“Karena insentif ini benar-benar bermanfaat dan dirasakan bagi masyarakat. Terutama di kondisi saat ini,” ucap Jongkie. (Jap/Aa)