Sedan Honda Civic dan Honda City Terbaru Hadir di RI, Ini Keunggulannya

0
1560
Ilustrasi, All New Honda Civic RS diluncurkan di Indonesia - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – PT Honda Prospect Motor (HPM), Kamis (28/10/2021) melunncurkan dua mobil sekaligus, yakni sedan All New Honda Civic RS dan All New Honda City. Masing-masing dihargai Rp567 juta dan Rp355 juta on the road Jakarta.

“Keduanya sudah dapat dipesan mulai sekarang, 28 Oktober ini. Dan bagi konsumen yang ingin melihat-lihat secara langsung detil kedua sedan tersebut,” ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM Yusak Billy saat peluncuran secara virtual sedan itu yang digelar di Jakarta, Kamis (28/10/2021).

All New Honda Civic yang merupakan generasi ke-11 ini merupakan Honda Civic pertama di Indonesia mengenakan emblem RS, yakni mobil Honda bertampilan lebih sporty. Tak hanya itu, sedan ini juga menyandang sederet fitur canggih bahkan teknologi keselamatan terkini, yakni Honda Sensing.

Tampilan interior bagian depan khususnya dashboard dan kokpit All New Honda Civic RS – dok.Istimewa

Dari sisi tampilan, All New Honda Civic RS mengusung perubahan desain total yang lebih sporty dibanding generasi sebelumnya. Grille depan kini menyatu dengan lampu depan yang full LED plus LED daytime running light dan lampu sein LED.

Kaca spion dengan cangkang berbalurkelir hitam yang bisa dilipat secara elektronis berpadu dengan aerokit eksklusif RS seperti sporty aero trunk spoiler. Sedan ini menggunakan pelek alloy 17 inci yang sepuh warna matte black, dia juga dilengkapi shark fin antenna.

Pada bagian belakang Dual Exhaust Pipe Finisher, lampu belakang dengan kombinasi, serta LED Light Bars menjadi penanda ubahan. Menariknya, All New Honda Civic RS ini dilengkapi fitur sistem buka-tutup kunci pintu menggunakan kartu, dan masih banyak fitur canggih lainnya yang disematkan Honda.

Tampilan bagian belakang All New Honda Civic RS – dok.Istimewa

Sedangkan mesinnya, masih sama dengan model sebelumnya yakni bensin 1.5 liter VTEC Turbo. Meski semburan tenagnya lebih besar, jika mesin model sebelumnya menyemburkan tenaga hingga 173 PS kini menjadi 178 PS.

Kecanggihan Honda City
Sementara itu untuk All New Honda City – di Indonesia – mengsung mesin yang berbeda dengan di Thailand yang menggunakan turbo. Dia membawa mesin yang sama dengan yang digunakan Honda City Hatchback yaitu mesin bensin 1.5 liter empat silinder segaris, DOHC, 16 katup, i-VTEC + DBW.

Semburan tenaga mesin mencapai 121 PS pada 6600 rpm dengan torsi puncak145 Nm pada 4.300 rpm. Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi CVT.

Sedan All New Honda City yang diluncurkan di Indonesia – dok.Istimewa

Gaya desain sedan All New Honda City ini mirip juga mirip dengan model City Hatchback yang sudah meluncur di Tanah Air pada April. Bedanya, selain memiliki buntut, model sedan ini karakternya lebih elegan dan tanpa embel-embel RS.

Sedan yang membidik menyasar pengguna kalangan profesional muda dan mereka yang berjiwa muda ini dilengkapi sederet fitur canggih. Fitur tersebut antara lain G-CON + ACETM, dan Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Distribution (EBD).

Kemudian, ada Brake Assist, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), 6 Airbags, Brake Override System. Lalu, Seatbelt Reminder dan ISOFIX & Tether, dan masih banyak yang lainnya.

Tampilan bagian belakang sedan All New Honda City – dok.Istimewa

Bahkan fitur Remote Engine Start yang dapat menghidupkan mesin kendaraan dan A/C
secara otomatis sebelum memasuki kendaraan. Fitur ini merupakan yang pertama untuk sedan di kelas dan segmennya. (Vto)