Sedan Listrik Huawei Termewah Gedor Dunia

0
1213
Sedan listrik termewah BAIC Arcfox AlphaS HI version - dok.Pandaily

Beijing, Mobilitas – Merek mobil listrik mewah milik BAIC – yakni BAIC Bluepark Arcfox – Sabtu (7/5/2022) lalu telah meluncurkan sedan listrik mewah berteknologi otonom (bisa melaju tanpa campur tangan supir) Alpha S HI Version. Menariknya, mobil ini diklaim sebagai mobil listrik pintar di dunia yang menggunakan sistem operasi Harmony Huawei.

Seperti dilaporkan laman China Daily dan Pandaily, Selasa (10/5/2022), dalam keterangan resminya, BAIC mengatakan mobil ini memiliki 34 sensor. Selain itu terdapat kamera dan radar, serta chip Kirin Huawei yang memiliki daya komputasi 400 tera operasi per detik.

“Mobil ini merupakan mobil produksi massal pertama yang menggunakan perangkat keras mengemudi otonom paling canggih di dunia,” ujar Kepala Unit Mobil Listrik Pintar Huawei, Yu Chengdong.

Kecanggihan yang dimiliki oleh mobil itu – dengan menggunakan serangkaian tenologi tersebut – antara lain, dapat bermanuver sendiri di jalan bebas hambatan dan jalan pusat kota hampir seperti yang dilakukan pengemudi manusia.

Sedan listrik mewah Alpha S HI, buatan divisi mobil listrik BAIC Group yang menggunakan sistem operasi Harmony Huawei – dok.Pandaily

“Mobil langsung meningkatkan kemampuannya dalam melaju di jalan tak lama begitu menyentuh permukaan jalan, dan sekaligus mengumpulkan lebih banyak informasi terkiat kondisi lalu-lintas di jalan yang dilewati,” papar Yu.

Yu mengatakan sedan Alpha S HI akan tersedia di jaringan penjualan Huawei dan di jaringan showroom Arcfox. “Penjualannya di harapkan mencapai 40.000 unit pada tahun 2022 ini,” kata President BAIC Bluepark, Dai Kangwei.

Selain di pasar domestik Republik Rakyat Cina (Cina), mobil itu rencananya juga dijajakan di berbagai negara. Pasar yang bakal dibidik tak hanya Asia, tetapi juga Amerika dan Eropa.

Data Asosiasi Produsen Mobil Cina (CAAM) yang dikutip Mobilitas, Selasa (10/5/2022) menunjukkan, sepanjang tahun 2021 lalu Bluepark yang merupakan bagian dari BAIC Group melego mobil listrik produksi sebanyak 6.000 unit. Artinya, target penjualan BAIC tahun ini terbilang sangat ambisius.

Ilustrasi, mobil Arcfox Alpha S series yang dibuat oleh divisi mobil listrik BAIC Group bersama Huawei – dok.Huawei

Untuk merealisasikan penjualan itu, pabrikan akan terus memperluas jaringan penjualan. Jika di tahun 2021 jumlah diler mobil listrik ini (di Cina) masih sebanyak 86 unit, tahun ini ditargetkan mencapai 186 unit.

Data CAAM juga memperlihatkan pada tahun 2021 lalu penjualan mobil listrik baterai dan plug-in hybrid di Cina tercatat sebanyak 3,5 juta unit. Dan, tahun 2022 ini diprediksi mencapai 5,5 juta unit. (Jrr/Aa)