Selama Oktober di Vietnam, Suzuki Ertiga dari RI Cuma Laku 8 Unit

0
1357
Suzuki All New Ertiga - dok.Istimewa

Hanoi, Mobilitas – Asosiasi Produsen Otomotif Vietnam (VAMA) menyatakan sepanjang bulan Oktober lalu penjualan mobil di Vietnam tercatat mencapai 29.800 unit. Meski naik 120% dibanding bulan September tetapi penjualan tersebut turun 10,4% dibanding Oktober tahun lalu.

Seperti dilaporkan laman DanViet, Rabu (17/11/2021) data yang dirilis asosiasi itu menunjukkan di bulan kesepuluh tersebut ada 10 mobil paling banyak dibeli konsumen alias terlaris. Di daftar itu Hyundai Accent yang terjual 3.346 unit berada di urutan pertama.

Dia disusul Ford Ranger yang terjual sebanyak 2.583 unit, Toyota Corolla Cross 2.402 unit, VinFast Fadil 2.218 unit, dan KIA Seltos yang sebanyak 1.812 unit. Lalu, diikuti Toyota Vios 1.748 unit, Hyundai Tucson 1.420 unit, Hyundai Santa Fe 1.278 unit, KIA Cerato K3 yang laku 1.215 unit, dan Hyundai Grand i10 yang sebanyak 1.108 unit.

“Selama sebulan, pandemi Covid-19 telah berhasil dikendalikan di banyak daerah dan permintaan masyarakat terhadap mobil biasanya meningkat pada akhir tahun. Ini terbukti dari penjualan selama bulan Oktober (yang meroket 120%),” kata analis industri otomotif, Gieon Hoang Thien.

Mobil Suziki yang mendapatkan insentif diskon PPnBM 100%, Suzuki All New Ertiga – dok.Istimewa

Laman Fox24 di hari yang sama melaporkan selain 10 mobil terlaris di data yang dihimpun VAMA itu juga terlihat mobil-mobil yang penjualannya ambles selama bulan Oktober tersebut. Salah satunya mobil yang diimpor dari Indonesia, yakni Low MPV Suzuki Ertiga.

“Pada Oktober 2021, model MPV yang impor dari Indonesia ini hanya terjual 8 unit,  berkurang 35 unit dibanding penjulan bulan sebelumnya atau bulan September. Ertiga pernah menjadi model Suzuki terlaris di Vietnam. Tetapi, saat ini mobil itu sedang mengalami tren penurunan penjualan karena kesulitan pasokan dan tekanan persaingan dari kompetitor di segmen yang sama,” tulis DanViet mengutip pernyataan pejabat VAMA.

Sementara itu, Production Planning Control Assistant to Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Apriyanto saat konferensi pers tentang kinerja ekspor Suzuki, Rabu (17/11/2021) menyebut Vietnam merupakan pasar ekspor terbesar kedua Suzuki Indonesia.

Penjualan Suzuki Ertiga asal Indonesia di Vietnam terus merosot – dok.Istimewa

“Ekspor ke Vietnam merupakan yang terbesar kedua setelah Meksiko. Model yang terbanyak di ekspor ke negara itu adalah Suzuki Carry dan Suzuki Ertiga,” kata dia. (Jrr/Aa)