Jakarta, Mobilitas – Pangsa pasar yang diraup Hyundai kini sudah mencapai 3,6 persen, sedangkan Wuling masih 1,9 persen.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Jumat (14/7/2023) menunjukkan di Januari hingga Juni atau semester I tahun ini, total mobil yang dijual seluruh pabrikan ke konsumen (ritel) mencapai 502.536 unit.
Jumlah ini meningkat 8 persen dibanding total angka penjuakan ritel yang didulang seluruh pabrikan pada periode sama di 2022, yang masih sebanyak 465.257 unit. Fakta menarik dari penjualan ritel di enam bulan pertama itu adalah, kiprah Hyundai Motor yang kini bertengger di urutan ketujuh di daftar 10 besar pabrikan dengan penjualan terbanyak.
Pabrikan asal Korea Selatan – yang diageni PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) – itu meraup angka penjualan ritel sebanyak 18.208 unit. Nama Hyundai kini menjadi bintang baru di pasar kendaraan bermotor roda empat Tanah Air, seperti halnya Wuling Motor, yang mulai masuk dan berkiprah di pasar Indonesia pada Maret 2017.
Namun, kini Hyundai jauh meninggalkan pabrikan asal Guangzhou, Cina, itu dalam penjualan. Di Januari hingga Juni tahun ini, Wuling hanya mendulang angka penjualan ritel 11.727 unit, dengan pangsa pasar 1,9 persen.
Laju Hyundai yang menggeser jauh meninggalkan Wuling di 10 besar terus berlangsung dari tahun ke tahun. Pada 2021 lalu, Hyundai masih nangkring di urutan ke-13 pabrikan dengan penjualan terbanyak di Tanah Air, tetapi pada 2022 langsung melompat ke posisi delapan.
Pada 2021, Hyundai masih sanggup menyerok angka penjualan ritel sebanyak 2.875 unit. Tetapi di 2022 dia langsung mengoleksi 30.193 angka penjualan ritel dan bersemayam di posisi kedelapan.
Pada tahun itu pula, Hyundai sekaligus menendang Wuling Motors dari posisi kedelapan di daftar 10 besar. Posisi Wuling langsung merosot ke urutan sepuluh, dengan total penjualan sebanyak 24.270 unit.
Pada saat yang sama, posisi Wuling juga naik – meski satu tingkat ke urutan sembilan – namun jumlah penjualan ritel yang dibukukannya sebanyak 9.791 unit. Jumlah ini meningkat 8,6 persen dibanding lima bulan pertama di 2022.
Sekadar informasi, jumlah varian produk yang dijajakan dua pabrikan ini seimbang atau sama. Hyundai menjual enam model yakni Hyundai Ioniq 5, Hyundai Stargazer, Hyundai Creta, Hyundai Palisade Hyundai Santa Fe, dan Hyundai Staria
Sementara, Wuling menjajakan Wuling Almaz, Wuling Alvez, Wuling Formo, Wuling Confero, Wuling Air EV, dan Wuling Cortez. (Jrr/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id