Jakarta, Mobilitas – Selama Januari hingga Juni atau semester pertama tahun ini penjualan mobil ke konsumen (ritel) di Indonesia tercatat meningkat 33,5%, dibanding periode sama tahun lalu.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut, di tahun ini total penjualan sebanyak 387.873 unit, dan di enam bulan pertama 2020 sebanyak 290.582 unit.
Hampir semua merek mencatatkan kinerja yang naik di rentang waktu enam bulan pertama tahun ini. Begitu pun dengan merek asal Republik Rakyat Cina (Cina), Wuling Motors. Bahkan, Wuling – yang merupakan satu-satunya merek di luar Jepang yang bertengger di daftar 10 besar – posisinya naik ke urutan yang lebih tinggi.
Fakta data berbicara, merek berlambang lima berlian ini berhasil mengantongi angka penjualan ritel sebanyak 10.187 unit dan merebut pangsa pasar sebesar 2,6% di semester pertama tahun ini. Jumlah itu meningkat atau bertambah 5.437 unit dibanding tahun lalu.
Selama semester pertama tahun 2020, Wuling hanya berhasil meraup angka penjualan ritel 4.750 unit dengan pangsa pasar 1,6%. Badai pandemi Covid-19 yang menyebabkan perekonomian nasional lunglai (dengan pertumbuhan di kuartal kedua hingga keempat yang minus), menjadi pasar kendaraan bermotor termasuk mobil juga jeblos.
Posisi Wuling – yang dijajakan PT Wuling Motors Indonesia – di daftar 10 merek terlaris selama paruh pertama tahun ini juga lebih baik. Jika di di enam bulan pertama tahun 2020 merek ini masih nangkring di urutan kesembilan di antara Hino dan Nissan, pada tahun ini Wuling bercokol di urutan lebih tinggi dari mereka, yakni kedelapan.
Berikut perbandingan penjualan 10 merek terlaris di paruh pertama tahun 2021 dengan periode sama di tahun 2020:
Periode Januari – Juni 2021:
Toyota: 120.717 unit (31,1%)
Daihatsu: 67.323 unit (17,3%)
Honda: 49.439 unit (12,7%)
Mitsubishi Motors: 47.781 unit (12,3%)
Suzuki: 40.928 unit (10,6%)
Mitsubishi Fuso: 14.098 unit (3,6%)
Isuzu: 11.968 unit (3,1%)
Wuling: 10.187 unit (2,6%)
Hino: 8.511 unit (2,2%)
Nissan: 4.616 unit (1,2%)
Periode Januari – Juni 2020:
Toyota: 92.965 unit (32%)
Daihatsu: 53.577 unit (18,4%)
Honda: 40.812 unit (14%)
Suzuki: 34.536 unit (11,9%)
Mitsubishi Motors: 26.778 unit (9,2%)
Mitsubishi Fuso: 12.063 unit (4,2%)
Isuzu: 7.818 unit (2,7%)
Hino: 6.380 unit (2,2%)
Wuling: 4.750 unit (1,6%)
Nissan: 2.798 unit (1%). (Jan/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id