Jakarta, Mobilitas – Fakta berbicara pada periode Januari – Oktober 2023 lalu, total penjualan mobil Daihatsu dari dealer ke konsumen (penjualan ritel) meningkat 4,4 persen dibanding total penjualan ritel selama periode sama di tahun 2022.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Rabu (13/11/2024) menunjukkan, selama sepuluh bulan pertama tahun 2023 jumlah mobil Daihatsu yang dibeli konsumen (penjualan ritel) sebanyak 164.271 unit. Jumlah ini meningkat 4,4 persen dibanding total penjualan ritel selama Januari – Oktober 2022, yang sebanyak 157.324 unit.
Namun, cerita sukses itu tidak berlanjut di tahun 2024 ini. Sebab, total penjualan ritel mobil Daihatsu yang dijajakan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selama Januari – Oktober 2024, hanya 142.949 unit.
Artinya, jumlah angka penjualan ritel yang berhsil diraup PT ADM selama sepuluh bulan pertma 2024 itu ambles, karena berkurng hingga 21.322 unit. Sebuah jumlah kemerosotan angka penjualn yng tidak sedikit tentunya.
Bahkan, total penjulan ritel di periode sepuluh buln pertama 2024 tersebut juga ambles alias berkurang hingg 14.375 unit dibanding total angka penjualan yang dipetik Daihtsu Indonesia selma periode sam di tahun 2022. Sebab, fakta berbicara, total angka penjualan ritel Daihtsu selama Januari – Oktober 2022 masih sebanyak 157.324 unit. (Din/A)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id