Jakarta, Mobilitas – Bayerische Motoren Werke (BMW) dan Mercedes-Benz menjadi simbol mobil mewah di berbagai negara termasuk Indonesia.
Namun, di negerinya sendiri – yakni Jerman – Mercedes-Benz (Mercy) lebih banyak ketimbang BMW. Otoritas Transportasi Federal Jerman (KBA), menyebut keduanya memiliki jumlah varian produk yang seimbang.
Data KBA yang dikutip Mobilitas, Jumat (13/1/2023) menunjukkan, sepanjang 2022 kemarin Mercedes-Benz berhasil mengantongi angka penjualan sebanyak 243.999 unit. Jumlah ini meningkat 8% dibanding total angka penjualan yang berhasil dikoleksinya pada 202, yang sebanyak 225.392 unit.
Dengan mengoleksi angka sebanyak itu, Mercy bercokol di urutan kedua setelah Volkswagen (yang menjual 480.967 unit) di daftar pabrikan penjual mobil terbanyak di Jerman. Mercy mengungguli BMW yang menjual 209.722 unit, atau menyusut 5,7% dibanding 2021 yang sebanyak 222.481 unit.
Total penjualan mobil di Jerman pada saat itu, 2.651.357 unit. Jumlah yang dibukukan oleh 36 pabrikan (baik asal Eropa, Amerika, dan Asia) itu naik tipis, 1,1% dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 2.622.132 unit.
Sementara di Indonesia, BMW Group Indonesia mengklaim penjualan mobil merek BMW yang dijajakannya sepanjang 2022 meningkat 24,2% dibanding tahun sebelumnya. Kini, totalnya 3.023 unit.
“BMW Group Indonesia raih rekor angka penjualan yang luar biasa pada tahun 2022 dan pencapaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh tim dan mitra strategis kami, sebuah kebanggaan dan awal yang baik untuk tahun 2023,” ujar Presiden Direktur BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (12/1/2023) kemarin. (Swe/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id