Beijing, Mobilitas – Meroketnya penjualan merek Seres (merek mobil listrik dari Chongqing Sokon Industry Group, pabrikan otomotif di Cina) karena terdongkrak oleh penjualan mobil merek Aito yang dikembangkan bersama perusahan teknologi kondang Huawei.
Data yang dirilis Seres Automobile yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Rabu (6/11/2024) menunjukkan pada periode Januari – Okober tahun ini, total jumlah mobil Seres yang terjual mencapai 352.724 unit. Jumlah tersebut meroket hingga 310,99 persen dibanding periode sama di tahun 2023, yang masih sebanyak 55.073 unit.
Pada bulan Oktober saja, Seres membukukan penjualan sebanyak 36.011 unit. Jumlah ini meroket hingga 104,61 unit dibanding total penjualan yang dikemasnya pada bulan Oktober di tahun lalu, yang masih sebanyak 14.645 unit.
Penjualn mobil hasil kolaborasi dengan Huawei, yakni Aito New M5, Aito New M7 Pro, dan ito M9 memberikan kontribusi terhadap lonjakan penjualan yang diakui sangat besar. Sehingga, secara keseluruhan penjualan seres ikut cemerlang.
Mobil merek Seres juga dijual di Indonesia oleh PT Sokonindo Automobile (DSFK Indonesia). Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang disitat Mobilitas di Jakarta, Rabu (6/11/2024) memperlihatkan selama periode Januari – September 2024, jumlah mobil Seres yang terjual dari dealer ke konsumen (penjualan ritel) sebanyak 82 unit.
Jumlah tersebut belum bisa dibandingkan dengan total angka penjualan selama periode sama di tahun lalu, karena di masa tersebut Seres belum menjual mobilnya di Tanah Air. Dengan angka penjualan sebanyak itu, Seres masih menorehkan perolehan pangsa pasar 0,0 persen di Indonesia. (Jrr/Aa)