Jakarta, Mobilitas – Fakta berbicara, total angka penjualan ke konsumen (penjualan ritel) yang diraup Daihatsu Xenia di Januari – Oktober 2022 menanjak dibanding periode sama di 2021.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Selasa (7/11/2023) menunjukkan, sepanjang Januari – Oktober 2021 jumlah Daihatsu Xenia yang terjual ke konsumen (ritel) masih sebanyak 7.821 unit. Jumlah penjualan ini setara dengan 6,6 persen dari total penjualan seluruh mobil Daihatsu pada saat itu.
Kemudian di kurun waktu yang sama (Januari – Oktober) pada 2022, penjualan ritel Daihatsu Xenia melejit menjadi 20.660 unit. Jumlah itu setara 13,1 persen dari jumlah keseluruhan mobil Daihatsu selama sepuluh bulan tahun tersebut.
Namun, lonjakan penjualan Low MPV saudara kembaran Toyota Avanza ini ternyata tak berlanjut di tahun 2023 ini. Sebab, sepanjang Januari – Oktober tahun ini, total penjualan ritelnya hanya 16.428 unit, ambrol 4.232 unit.
Bahkan, Xenia hanya nangkring di urutan kelima sebagai penyumbang penjualan mobil Daihatsu secara keseluruhan. Data Gaikindo yang dinukil Mobilitas, di Jakarta, Selasa (7/11/2023) memperlihatkan pada Januari – Oktober tahun ini, mobil Daihatsu yang dijajakan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terjual ke konsumen (penjualan ritel) sebanyak 164.271 unit.
Jumlah penjualan ritel tersebut meningkat 4,4 persen dibanding total angka penjualan ritel yang berhasil diserok Daihatsu Motor di Indonesia pada sepuluh bulan pertama 2022, yang sebanyak 157.327 unit. Ada lima mobil yang menjadi penyumbang penjualan terbanyak ke merek itu selama Januari – Oktober tahun 2023 ini.
Mereka adalah Daihatsu Sigra dengan total penjualan ritel 52.567 unit (32 persen), Daihatsu Gran Max Pick Up sebanyak 36.140 unit (22 persen), dan Daihatsu Terios sebanyak 21.356 unit dengan sumbangan ke total penjualan Daihatsu sebesar 13 persen.
Penyumbang terbesar keempat adalah Daihatsu Ayla yang terjual ke konsumen sebanyak 19.713 unit (12 persen). Kemudian, Daihatsu Xenia 16.428 unit atau setara 10 persen dari total penjualan Daihatsu. (Anp/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id