Singkirkan 24 Pesaing, VW ID.4 Mobil Terbaik Dunia 2021

0
195
VW ID.4 - dok.Istimewa via World Today News

Wolfsburg, Mobilitas – Mobil listrik Volkswagen (VW) ID.4 memang terbilang baru, karena diluncurkan pertama kali pada Maret 2020 lalu. Meski demikian, mobil ini telah dinobatkan sebagai mobil terbaik (Car of The Year) 2021 oleh World Car Awards (WCA).

Dalam keterangan resmi yang dirilis melalui laman resminya, Rabu (21/4/2021), WCA menyatakan pemilihan mobil terbaik dunia itu dilakukan oleh panel juri yang terdiri dari 93 jurnalis otomotif dari dari 28 negara.

VW ID.4 yang tenaganya berasal dari setrum itu telah menyisihkan 24 mobil lainnya yang masih dalam daftar nominasi terbaik, termasuk Toyota Yaris dan mobil listrik Honda e.

“Tentu saja, kami bangga mobil kami, ID.4, meraih gelar World Car of The Year. Bukan saja ini merupakan salah satu penghargaan mobil paling penting di dunia, tetapi karena juri juga menghargai ide dan tim yang hebat,” ujar Chief Executive Officer Volkswagen Cars, Ralf Brandstätter.

Interior, khususnya pusat kendali VW ID.4 – dok.Istimewa via Forbes

VW ID.4 merupakan mobil listrik yang menggunakan platform Modularer E-Antriebs-Baukasten (MEB). Platform tersebut sebelumnya telah dipakai hatchback listrik Volkswagen ID.3.

Dia menggunakan motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM). Baterainya, baterai Lithium-ion berkapasitas 52 kWh untuk varian VW ID.4 Pure, dan 77 kWh untuk varian Pro Performance serta varian 1st Edition.

Motor listrik tersebut sanggup menyemburkan tenaga 148 hp (atau 109 kW) hingga 204 hp (150 kW) dengan torsi 220 Nm pada varian ID.4 Pure. Kemudian 310 Nm pada varian ID.4 Pure Performance dan varian ID.4 Pro Performance.

VW ID.4, mobil listrik VW yang dinobatkan sebagai mobil terbaik dunia 2021 – dok.Istimewa

Seperti dilansir situs resminya, VW menyebut mobil listrik itu – khususnya varian Pro Performance – sanggup berakselerasi dari kecepatan 0 kilometer per jam (Kpj) ke kecepatan 100 kpj, hanya dalam tempo 8,5 detik.

Pabrikan yang bermarkas di Wolfsburg, Jerman, itu menyatakan VW ID.4 mampu menempuh jarak 320 kilometer meski baaterai dicas secara cepat dalam waktu 30 menit. Jika baterai terisi penuh mobil mampu menjangkau jarak hingga 520 kilometer dengan pengujian WLTP. (Arf)