California, Mobilitas – Sepanjang Januari hingga Februari 2025, Subaru mencatatkan kinerja penjualan yang positif di Amerika Serikat (AS), dengan besaran pertumbuhan 4,1 persen dibanding periode sama di tahun 2024.
Data American Automobile Manufacturers Association (AAMA) dan North America Automobile Dealer Association (NAADA) yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Selasa (11/3/2025) menunjukkan sepanjang Januari – Februari 2025 itu, Subaru meraup angka penjualan sebanyak 95.484 unit. Dimana 49.127 unit diantaranya dibukukan pada bulan Februari.
Dengan total penjualan sebanyak itu, pabrikan mobil asal Jepang tersebut menapaki urutan kelima dalam daftar pabrikan mobil (baik lokal maupun asing) dengan penjualan terbanyak di Negeri Paman Sam tersebut. Subaru berada di belakang Toyota, Ford, Hyundai (termasuk Kia), dan Honda, tetapi di atas Mazda yang bertengger di urutan keenam.
Meski, tidak semua model mobil Subaru yang dijajakan di negara adidaya berpenduduk 340,13 juta jiwa itu mencatatkan kenaikan penjualan. Beberapa dari model itu justru mencatatkan merosotnya penjualan.
Berikut data lengkap penjualan mobil Subaru di Amerika Serikat pada Januari – Februari 2025 dibanding periode sama di tahun 2024:
Subaru Forester ; 27,296 unit (menyusut 0,7 persen)
Subaru Crosstrek : 25.444 unit (naik 6,6 persen)
Subaru Outback : 22.396 unit (naik 3,1 persen)
Subaru Ascent : 6.495 unit (merosot 13,5 persen)
Subaru Impreza : 4.858 unit (naik 5,4 persen)
Subaru WRX : 3.289 unit (naik 28 persen)
Subaru Legacy : 3.261 unit (naik 19,1 persen)
Subaru Solterra : 1.977 unit (meroket 182 persen)
Subaru BRZ : 468 unit (turun 5,1 persen)
Sumber : AAMA, NAADA, 2025. (Anp/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id