Jakarta, Mobilitas – Loyonya penjualan mobil Daihatsu yang di Tanah Air dijajakan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) itu turut memberi andil lesunya penjualan mobil secara nasional.
Maklum, Daihatsu merupakan salah satu dari lima pabrikan dengan penjualan terbanyak di Indonesia. Sehingga, di saat penjualannya lesu – baik penjualan ritel selama bulan Juli maupun kumulatif dari Januari hingga Juli – maka dampaknya ke total penjualan mobil di Indonesia juga terasa.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Kamis (15//2024) menunjukkan, selama bulan Juli saja, Daihatsu meraup angka penjualan ke konsumen (penjualan ritel) sebanyak 13.845 unit. Jumlah ini merosot 9,9 persen dibanding total angka penjualan ritel yang berhasil diseroknya pada Juli tahun lalu, yang mencapai 15.373 unit.
Lesunya penjualan ritel Daihatsu ini tentu menjadi tanda tanya. Pasalnya, pabrikan asal Jepang yang diageni PT ADM itu pada 18 – 28 Juli juga menyuguhkan produk andalannya di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), termasuk mobil terlarisnya selama ini yakni Daihtsu Sigra.
Dengan pencapaian penjualan ritel pada bulan ketujuh 2024 itu, maka total penjualan ritel selama Januari – Juli atau tujuh bulan pertama 2024 yang dikemas Daihatsu Indonesia hanya 103.223 unit. Jumlah penjualan ritel ini anjlok 12,4 persen dibanding periode sama di tahun lalu, yang mencapai 117.888 unit. (Nas/Aa)