SUV Listrik Anyar Lexus Nongol di 2022, Ini Keunggulannya

0
1256
Teaser berupa gambar konsep SUV listrik baru Lexus - dok.Istimewa via Motor Authority

Tokyo, Mobilitas – Setelah di penghujung tahun 2019 lalu menjajakan SUV listrik murni (BEV) Lexus UX300e di berbagai belahan dunia, kini Lexus dikabarkan tengah menyiapkan SUV anyar yang juga bersumber tenaga dari setrum. Terlebih merek mewah milik Toyota Motor Corporation (Toyota) ini juga telah mengumbar beberapa teaser tampilan dari SUV itu.

“Tiga foto teaser yang dirilis pada hari Kamis (2/12/2021) kemarin itu sekaligus telah mengkonfirmasi bahwa gaya desain dari SUV anyar yang tengah disiapkan itu mirip dengan konsep Lexus LF-Z listrik yang diperkenalkan oleh pabrikan itu pada bulan Maret lalu,” tulis laman Motor Authority dan Lexus Forum, Jumat (3/12/2021).

Konsep Lexus LF-Z – dok.Istimewa via Motor Authority

Sejumlah kalangan yang mengetahui proyek pengembangan SUV ini menyebut platform yang digunakan SUV setrum paling gres alias paling anyar dari Lexus itu adalah platform e-Toyota New Global Architecture (e-TNGA).

Platform tersebut telah digunakan oleh SUV listrik kembar hasil kolaborasi Toyota dengan Subaru yakni Toyota BZ4X dan Subaru Solterra yang kini juga tengah dalam persiapan penjualan di pasar global.

Konsep SUV listrik Toyota bZ4X – dok.Toyota

Dengan platform itu pula maka SUV anyar Lexus – yang dinamai Lexus RZ ini – bakal menyandang teknologi steer by wire. Bahkan menggunakan sistem penggerak semua roda (AWD) di varian yang mengusung dua motor listrik.

Sekadar catatan, karena berbagi platform dengan bZ4X, maka Lexus RZ juga dapat menggunakan powertrain yang sama dengan saudaranya yang berlabel Toyota itu. Dan SUV setrum Toyota itu disajikan dengan dua pilihan powertrain yakni bermotor listrik tunggal dan bermotor listrik ganda.

Teaser tampilan belakang SUV listrik baru Lexus – dok.Istimewa via Motor Authority

Varian kedua – atau bermotor listrik ganda – menghasilkan semburan tenaga hingga 215 hp dengan penggerak 4WD. Baterai yang digunakan menyuapi setrum motor listrik itu berdaya 71,4-kWh atau 72,8-kWh.

Hanya, hingga kini belum ada informasi dari Lexus kapan mobil itu bakal diluncurkan, selain keterangan bakal hadir di tahun 2022. Tetapi, yang pasti, mobil ini merupakan model global yang bakal dijajakan ke berbagai negara. (Vto/Aa)